Rossi Akui Cuma Honda Yang Kompetitif Untuk Musim 2018

0
Valentino Rossi
Valentino Rossi saat tes pra misum di sirkuit Buriram, Thailand (foto/Crash.net)

ROCKOMOTIF, Buriram – Pembalap Yamaha MotoGP Valentino Rossi meraih hasil yang kurang baik saat melakukan uji coba di sirkuit Buriram, Thailand. Bahkan Rossi mengakui dari hasil dua tes pra musim ini, hanya Honda yang sangat kompetitif dalam menatap MotoGP musim 2018 ini.

“Dari dua kali uji coba pra musim di Malaysia dan Thailand, menurut saya hanya Honda yang kompetitif. Terutama Marquez dan juga Dani serta Crutchlow,” ujar Rossi kepada Crash.net.

Pembalap yang dijuluki The Doctor ini juga mengatakan bahwa Ducati sangat cepat di Sepang dengan Lorenzo meraih hasil tercepat. Tapi di Thailand, Lorenzo tampak kesulitan. Jadi menurut Rossi mereka tinggal menunggu bagaimana hasil uji coba di Qatar nanti.

Baca Juga: Yamaha Lexi Usung Banyak Fitur Canggih, Cocok Untuk Ojek Online

Rossi hanya berhasil meraih hasil lap tercepat ke 12 di Thailand dengan tertinggal 0,730 detik di belakang Dani Pedrosa. Sementara rekan sati tim Rossi, Maverick Vinales lebih lambat 0,809 detik dari Pedrosa.

Tes pra musim ketiga akan diadakan di Qatar pada 1-3 Maret 2018 mendatang.

Ban Belakang Jadi Biang Kerok

Menurut pembalap yang baru saja berulang tahun ke-39 ini, kesulitan Yamaha ada di ban belakang.

“Dengan ban lebih soft, bisa melaju lebih cepat. Tapi sayangnya ban saya terkelupas karena temperatur ban yang terlalu tinggi,” ungkap Rossi.

Dilema bagi Rossi adalah jika menggunakan ban yang lebih keras tentu bisa bertahan lebih lama tapi dengan konsekuensi lebih pelan.

Menurut Rossi juga ini adalah pekerjaan rumah yang banyak bagi Yamaha. Dengan sasis dan masalah pada elektronik (ECU) tentu Yamaha harus melakukan ekstra agar bisa lebih cepat lagi.

Rossi juga memberikan klarifikasi terkait sasis di mana pada motor yang sekarang bukan menggunakan sasis musim 2016. Tapi memang rasanya sangat mirip.

“Saya bisa masuk di tikungan lebih cepat dan bagian depan terasa lebih baik. Tapi kami masih banyak yang harus diperbaiki, terutama soal akselerasi,” tutupnya.

LEAVE A REPLY