Sirkuit Legendaris Nurburgring Akan Pindah Ke Jepang

0
sirkuit Nurburgring
Sirkuit Nurburgring akan memiliki kembarannya di Jepang (foto/|imagetrust)

ROCKOMOTIF, Jakarta – Begitu populernya sirkuit Nurburgring yang kerap kali menjadi patokan sebuah pabrikan mobil untuk menguji mobil barunya. Hal ini membuat pabrikan Jepang, Toyota berencana untuk memindahkannya ke negeri Matahari Terbit ini.

Tapi tidak benar-benar memindahkan sirkuitnya, namun Toyota akan membuat replikanya. Menurut Nikkei Asian Review, pabrikan Jepang ini sudah melakukan investasi besar-besaran untuk membangun pusat pengujian baru yang salah satunya menyerupai Nurburgring.

Rencananya Toyota akan membangun pusat riset dan pengembangan di pusat pulau Honshu, Jepang.

Nantinya pusat riset dan pengembangan ini akan memiliki 11 trek berbeda untuk pengujian, salah satunya akan meniru Nurburgring. Tempat yang selalu digunakan oleh Toyota dan juga pabrikan mobil lainnya untuk mengembangkan model baru.

Baca Juga: Toyota Yaris Baru Bisa Ancam Keangkuhan Honda Jazz

Tapi trek Toyota ini tidak akan total meniru Nurburgring secara penuh. Karena sirkuit Nurburgring Nordschleife memiliki total panjang 20,7 km, sedangkan versi Toyota hanya sepanjang 5,3 km. Tapi akan memiliki variasi tikungan dan juga tingkat elevasi yang mirip seperti sirkuit yang dijuluki The Green Hell ini.

Trek Toyota ini nantinya akan digunakan untuk menguji kemampuan setir dan pengereman untuk mobil baru dengan kondisi yang sulit. Agar mobil-mobil ini dapat memenuhi regulasi di seluruh dunia.

Di mana mobil yang telah dites di sirkuit baru ini akan dikirim untuk Amerika dan Eropa. Juga negara berkembang seperti India dan Amerika Selatan.

Nurburgring biasa menjadi tolak ukur pengujian sebuah mobil baru (foto/Autocar)

Investasi Demi Masa Depan

Total investasi yang digelontorkan oleh Toyota dilaporkan mencapai US$ 2,8 miliar. Tapi hal ini diperlukan oleh Toyota mengingat fasilitas riset dan pengembangan yang ada saat ini sudah maksimal.

Toyota juga akan mengembangkan mobil energi alternatif lainnya. Di mana 11 trek di tempat baru ini akan lebih banyak mengembangkan mobil listrik.

Rencananya pusat riset dan pengembangan baru ini akan dibuka pada tahun 2023 dan merekrut 3.300 pegawai. Dengan tambahan 550 pegawai lagi ke depannya.

Kira-kira mobil apa ya yang akan dites di fasilitas baru Toyota ini?

LEAVE A REPLY