Harga Sokon Glory 580 Bakal Setara HR-V Tapi Fitur Sekelas CR-V

0
harga sokon glory 580
Sokon Glory 580 sudah siap berkompetisi di segmen SUV
SuzukiGIIAS

ROCKOMOTIF, Jakarta – Masih ingat dengan SUV asal Tiongkok yang bakal melawan Honda CR-V? Ya, Sokon Glory 580 yang akhir tahun lalu baru saja meresmikan pabriknya di Cikande, Serang, Banten.

Memang hingga saat ini Sokon terbilang masih kalah agresif dari saudaranya yang juga asal China, Wuling. Jika Wuling bermain di segmen MPV, tapi Sokon mengawali langkahnya di segmen mobil komersial.

Melalui PT Sokonindo Automobile mereka juga serius untuk menggarap pasar SUV di Tanah Air. Glory 580 adalah produk pertamanya di Tanah Air untuk segmen mobil penumpang.

SUV 7 penumpang ini memiliki fitur yang bisa menghajar Honda CR-V Turbo. Mulai dari mesin yang punya spesifikasi sama, yaitu 1.5 liter turbo hingga transmisi CVT.

Kehadiran Glory 580 ini bisa mengancam kompetitor lain asal Jepang. Bukan apa-apa karena fitur yang disematkan oleh Sokon pada Glory 580 ini terbilang cukup komplit.

Menyoal harga, melihat dari spesifikasi dan fiturnya Sokon akan menyaingi Honda CR-V Turbo dan Nissan X-Trail. Jika kompetitor Jepang memiliki banderol harga di atas Rp 400 jutaan, maka seharusnya Glory 580 ini dijual dengan harga di bawahnya.

Baca Juga: Sokon Glory 580, Penantang Honda CR-V Dari Negeri Tirai Bambu

Rockomotif pun mendapat bocoran yang mengatakan jika banderol Glory 580 ini akan mendekati dengan Honda HR-V. Berarti akan bermain di harga sekitar Rp 280 jutaan.

Harga Honda HR-V sendiri berada di rentang Rp 273 juta hingga Rp 333 jutaan untuk yang varian 1.5 liter. Sementara untuk varian 1.8 liter harganya mulai dari Rp 378 jutaan. Sedangkan Honda CR-V Turbo harganya sudah di atas Rp 500 jutaan.

Sokon Glory 580 akan memiliki dua varian mesin, yaitu 1.5l turbo dan 1.8l naturally aspirated

Selain mesin 1.5L turbo, ada juga mesin 1.8 liter dan pilihan transmisi manual 6-speed. Bukan tidak mungkin jika varian 1.8 liter nanti bisa juga menggerogoti kompetitor asal Jepang seperti Honda HR-V yang juga menyediakan kapasitas mesin sama.

Fiturnya Bersaing Dengan CR-V

Menurut sumber ini pun, Sokon memang memiliki strategi seperti Wuling yang membenamkan fitur canggih namun dengan harga jauh di bawah kompetitornya.

Secara tampilan Sokon Glory juga sudah modern. Ada lampu proyektor dengan DRL dan lampu sein LED. Sunroof juga tersedia di semua tipenya.

Kabin Sokon Glory sudah dilengkapi dengan jok kulit

Di bagian dalam, interiornya sudah dibalut kulit. Ada layar sentuh berukuran 8 inci di tengah dashboard dengan fitur konektivitas ke smartphone dan juga navigasi.

Baca Juga: Berapa Nilai Depresiasi Untuk Mobil China Di Indonesia?

Lingkar kemudi juga dilapis kulit dengan tombol audio dan piranti cruise control. Fitur kamera parkir sudah menjadi standar.

Glory 580 juga memiliki fitur menarik yang tidak dimiliki oleh semua kompetitornya. Yaitu in-dash camera yang berfungsi untuk merekam perjalanan mobil.

Jaringan Penjualan

Lalu bagaimana dengan kesiapan Sokon guna mendapat kepercayaan konsumen Indonesia? Mobil China di Tanah Air masih mendapat kesan yang cenderung negatif, terutama soal kualitas dan juga jaringan after sales.

Untuk jaringan penjualan dan servis, saat peresmian diler akhir November tahun lalu, Sokon menyebut sudah memiliki 30 bengkel resmi. Tinggal menunggu update lagi sekarang sudah bertambah jadi berapa banyak.

Sokon juga sudah pasti akan berpartisipasi di ajang pameran otomotif IIMS pada bulan April mendatang. Nah buat yang penasaran ingin tahu harga resminya dan lihat wujud aslinya bisa datang deh ke IIMS.

Menurut Anda bocoran harga yang didapat Rockomotif bakal terbukti benar gak nih?

SuzukiGIIAS

LEAVE A REPLY