Ini Mobil Balap Touring Bertenaga Listrik Pertama Di Dunia

0
SEAT Cupra e-Racer
SEAT menciptakan mobil listrik untuk balap turing pertama di dunia
suzukiertigahybrid

ROCKOMOTIF, Geneva – Mobil listrik identik dengan mobil-mobil biasa yang menawarkan kepraktisan. Meski begitu sekarang ini juga banyak pabrikan supercar yang memberi arti baru pada mobil listrik.

Nah, apa yang dilakukan oleh SEAT ini beda lagi. Pabrikan mobil asal Spanyol ini membuat prototipe dari mobil listrik yang berwujud mobil balap touring.

Namanya SEAT Cupra e-Racer, dijadwalkan akan menjalani debut dunianya di Geneva Motor Show tanggal 6 Maret mendatang. Cupra sendiri memang divisi performa dari SEAT.

Baca Juga: Alat Ini Ampuh Menyaring Kotoran Dan Kuman Di Dalam Mobil

Dari namanya saja sudah mewakilkan jika ini adalah mobil listrik yang ditujukan untuk balap. Mobil konsep ini murni mengandalkan baterai dan motor listrik.

Dari motor listriknya Cupra e-Racer ini bisa menghasilkan tenaga secara kontinyu 402 hp dengan tenaga maksimal mencapai 670 hp. Bos SEAT sendiri menyatakan jika Cupra e-Racer ini memang benar-benar mobil balap sejati dan “mobil listrik balap touring pertama di dunia.”

Basisnya Dari Leon Cupra TCR

Mobil tanpa emisi ini sepertinya menggunakan basis miliki Leon CUpra TCR. Hanya saja ditambahkan dengan bumper depan dan belakang yang berukuran masif.

Kap mesin dan gril baru juga disematkan pada e-Racer ini, begitu juga dengan fender yang lebar dan sayap belakang sangat besar. Mobil konsep ini berlabur warna putih dengan beberapa bagian menggunakan serat karbon dengan velg dan ban baru.

Selain itu, karena tujuannya untuk balap tentu keberadaan roll cage menjadi syarat utama. Begitu juga dengan jok balap serta dashboard yang kosong guna memaksimalkan bobot yang ringan.

Di Geneva, Cupra e-Racer ini akan melakoni debut bersama dengan model Cupra lainnya. Termasuk Cupra Ateca baru yang bertenaga 296 hp, penggerak empat roda, dan transmisi 7-speed DSC.

Kemudian ada Leon R ST yang menggunakan mesin sama seperti sang SUV kompak. Tak ketinggalan Leon FR yang dibekali mesin 1.5 liter TSI dengan tenaga 148 hp.

SEAT juga akan memperkenalkan Digital Cockpit baru mereka yang akan disematkan pada Cupra Ateca, Leon R ST, Leon FR, dan Arona. Nama SEAT memang agak janggal di telinga orang Indonesia, karena mobil yang berada dalam asuhan Volswagen Group ini tidak dijual di Tanah Air.

suzukiertigahybrid

LEAVE A REPLY