Ini Senjata Toyota Untuk Gebuk Honda CR-V dan Mazda CX-5

0
Toyota RAV4
Toyota RAV4 hadir di New York Auto Show 2018
suzukiertigahybrid

ROCKOMOTIF, New York – Akhirnya Toyota punya senjata mematikan untuk menggoyang dominasi Honda CR-V dan juga Mazda CX-5. Toyota meluncurkan RAV4 generasi baru di New York Auto Show 2018.

Toyota RAV4 sendiri sebenarnya sudah hadir sejak 24 tahun lalu, hanya saja desainnya kurang bisa melawan kompetitornya. Kini generasi kelimanya hadir dengan segenap ubahan untuk melawan balik rival-rivalnya.

RAV4 baru ini menjadi model yang paling menarik sejak tahun 1990an silam. Lihat saja ubahan pada eksteriornya, begitu gagah dan juga kekar layaknya sebuah SUV sejati. Bahkan lebih keren daripada versi konsepnya FT-AC yang hadir di LA Auto Show tahun lalu.

Tampilan samping dan belakangnya dominan dengan garis tegas

Garis-garis tajam menghiasi seluruh tubuhnya yang gagah dengan grill yang terinspirasi dari Toyota Tacoma. Lampu depan LED dan juga roof rail besar lengkap dengan lampu sorot di atas.

Baca Juga: Toyota Borong 11 Penghargaan Di Otomotif Award

Di bumper depan dan belakang terdapat plastik hitam yang membuatnya tampil kekar. Versi XSE Hybrid lebih banyak mendapat sentuhan hitam glossy ketimbang versi Adventure. Sementara versi Limited mendapat aksen krom.

Ground clearance RAV4 baru ini juga lebih tinggi daripada generasi sebelumnya. Mengingat ini dibangun di atas platform global TNGA.

Toyota juga mengklaim jika sasis baru RAV4 lebih rigid 57 persen dari yang lama. Wheelbase sedikit lebih panjang begitu juga dengan lebarnya. Tapi secara keseluruhan, RAV4 baru ini terlihat lebih pendek dari pendahulunya.

Interiornya sudah canggih dan modern lengkap dengan atap panoramic

Di bagian dalam sedikit lebih kalem. Layar hiburan sudah layar sentuh dengan pilihan 7 atau 8 inci dengan dukungan EnTune 3.0 yang mendukung Apple CarPlay.

Terdapat juga banyak tempat penyimpanan di dalam kabinnya. Versi Adventure mendapat sentuhan menarik dengan aksen oranye dan jahitan di sekeliling kabin.

Baca Juga: Perwakilan Toyota Dari Asia Pasifik Menuntut Ilmu ke Auto2000

RAV4 baru ini juga mendapat kamera belakang, kemudian ada 11 speaker termasuk sound system JBL 800 watt. Lalu ada atap panoramic, bangku elektrik dengan pemanas.

Ada Mesin Hybrid

Pilihan mesinnya ada dua macam, keduanya berkapasitas 2.5 liter. Yang pertama adalah mesin bensin dengan transmisi 8-speed, satunya lagi adalah hybrid dengan transmisi CVT.

Toyota belum merilis data lengkap mengenai mesin ini, tapi sepertinya versi hybrid akan lebih bertenaga. Karena Toyota membekalinya dengan trim XSE Hybrid yang berarti lengkap beserta suspensi yang lebih kaku.

Akan ada tiga mode penggerak roda. Hybrid menggunakan penggerak empat roda, dengan motor listrik memberikan tenaga lebih besar 30 persen ke roda belakang.

Baca Juga: Malaysia Mulai Distribusi Toyota C-HR ke Konsumen, Indonesia?

Varian mesin bensin akan mendapat opsi sistem torque vectoring yang bisa memindahkan tenaga antara roda kanan dan kiri melalui gardan belakang.

Ada tiga varian untuk RAV4 baru ini, Adventure, Limited dan XSE Hybrid

Versi all-wheel drive akan dilengkapi juga dengan mode Multi-Terrain Select yang memungkinkan pengemudi untuk memilih mode berkendara untuk snow, mud, sand dan rocks.

Harga resmi belum dirilis oleh Toyota untuk RAV4 baru ini. Tapi untuk pasar Amerika akan tersedia mulai akhir tahun ini, sementara varian hybrid di awal tahun 2019.

Indonesia? Belum tahu apakah Toyota Astra Motor berminat untuk memboyongnya ke Tanah Air. Tapi yang pasti kalau masuk sini, akan mampu menggoyang dominas CR-V dan juga Mazda CX-5. Kita tunggu saja kelanjutannya.

suzukiertigahybrid

LEAVE A REPLY