Mitos Atau Fakta, Sering Mencampur BBM Itu Bagus Untuk Kendaraan?

1
premium langka
Stok Premium langka ditepis oleh Pertamina (foto/aktual.com)
suzukiertigahybrid

ROCKOMOTIF, Bogor – Sudah seringkali Anda mendengar jika mau ingin lebih hemat dalam mengisi bahan bakar (BBM) kendaraan, bisa saja dicampur. Seperti biasa menggunakan bahan bakar Premium dengan RON (research octane number) 88 lalu dicampur dengan Pertamax yang punya RON 92.

Lalu apakah dengan cara mencampur ini bahan bakar di dalam tangki mobil atau motor menjadi berubah ke RON 90? Ternyata tidak dianjurkan.

Karena tidak ada manfaatnya sama sekali, meskipun secara teknis hal ini bisa-bisa saja dilakukan. Hal ini dikonfirmasi oleh Indra Pratama selaku Commercial Retail Fuel Marketing Pertamina dalam bincang singkat bersama Forum Wartawan Otomotif di Bogor, Senin (26/1).

Baca Juga: Premium Langka di Depok? Kata Pertamina Itu Hoax!

“Pertama, secara teknis mencampur BBM dalam satu tangki itu dapat dilakukan. Premium dan Pertamax atau Pertamax Turbo itu akan bercampur baik, karena secara kimia memiliki properti yang sama,” ujar Indra.

Indra juga menambahkan hal ini sama seperti mencampur air dan teh pasti akan tercampur dengan baik. “Tapi kalau teh sama minyak sudah pasti tidak bisa, karena propertinya berbeda. Tidak akan bersatu mau diaduk-aduk bagaimana juga akan berpisah.”

Beda Zat Aditif

Mencampurkan Premium dengan Pertamax memang itu akan bercampur baik dan bisa digunakan. Tapi apakah itu dianjurkan?

“Jelas tidak, karena itu karena masing-masing segmen punya keunggulan, karena punya karakteristik seperti kandungan sulfurnya berbeda. Muatannya juga beda, seperti Pertamax itu punya aditif yang tidak ada di Premium,” tambah Indra.

Jadi sebenarnya kalau Premium dicampur dengan Pertamax itu sama saja membuat grade Pertamax menjadi turun. Sehingga keunggulan yang ada pada Pertamax tidak akan dirasakan oleh pemilik kendaraan.

Baca Juga: Pria Ini Jelajah 26 Negara, Naik Motor Dari Jakarta Sampai London

Malah yang Anda dapatkan sama saja seperti menggunakan Premium tapi secara ekonomis harus keluar uang lebih banyak. Menurut Indra, akan lebih baik jika secara konstan menggunakan BBM yang sama baru akan terasa dampaknya untuk kendaraan.

“Kalau mau mengunakan BBM dengan kualitas lebih baik, maka gunakan sepenuhnya. Supaya kita mendapatkan performa sepenuhnya juga,” jelasnya.

Jadi sebenarnya ini adalah mitos yang selama ini beredar di masyarakat. Padahal faktanya Anda tidak akan mendapat faedah dari mencampur BBM ini.

suzukiertigahybrid

1 KOMENTAR

  1. Untungnya saya sudah pake eco racing
    Walaupun menggunakan pertalite,,kualitas nya jadi pertamax
    Efek lain nya pemakaian bbm jadi lebih irit

LEAVE A REPLY