Mitsubishi Xpander Cuma Takut Sama Suzuki Ertiga Baru

0
mitsubishi xpander
Mitsubishi Xpander di Brown Canyon, Semarang
suzukiertigahybrid

ROCKOMOTIF, Jogja – Mitsubishi Xpander sampai sekarang masih jadi pendatang baru yang fenomenal di segmen mobil sejuta umat. Para kompetitornya pun bisa dibilang tak sanggup berbuat apa-apa untuk membendung keperkasaan Xpander.

Ini bicara soal rivalnya yang asal Jepang ya, kalau yang dari Tiongkok memang tidak terlalu ada pengaruhnya. Untuk penjualan di bulan Februari pun Xpander masih membukukan angka penjualan sekitar 7 ribu unit lebih. Sama seperti di bulan Januari.

Hal ini memang lumrah terjadi pada mobil-mobil baru yang hadir di segmen terbesar di Indonesia. Hampir semua pabrikan yang bermain di segmen ini saat mengeluarkan produk barunya pasti mengalami fenomena seperti ini.

Baca Juga: Konsumen Xpander Cukup Bayar Kenaikan Pajak Rp 2 Juta Saja

Masih ingat saat Toyota Avanza meluncur pertama kalinya, indennya sungguh luar biasa lama. Begitu juga dengan Suzuki Ertiga yang membuat Suzuki meraup pundi-pundi. Namun ketika Honda meluncurkan Mobilio langsung membuat penjualan Ertiga terjun bebas. Oh iya, kecuali Wuling ya karena munculnya barengan sama Xpander sih.

Hanya Avanza saja yang meskipun produknya begitu-begitu saja tapi tetap banyak yang masih percaya dengan kekuatan brand Toyota di Indonesia.

suzuki ertiga
Kira-kira begini tampang dari Suzuki Ertiga baru nanti (foto/Indianautosblog)

Xpander Takut Sama Ertiga Baru?

Saat ditanya apakah tren penjualan Xpander ini akan mengalami penurunan? Mitsubishi melalui Osamu Iwaba selaku Director Sales & Marketing Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menjawab tidak tahu.

“Kita tidak tahu ini akan berlangsung sampai kapan, karena Ertiga baru kan juga sudah akan diluncurkan tahun ini. Saya lihat bentuknya akan lebih besar dari yang lama ya,” ujar Iwaba saat acara Media Drive Xpander di Jogja (6/3).

Iwaba hanya mengatakan jika Xpander ini sudah sesuai dengan ekspektasi masyarakat Indonesia. “Kami juga sudah melakukan banyak pengiriman ke konsumen, sehingga banyak juga yang tertarik saat mobil ini sudah beredar di jalan raya.”

Iwaba juga menambahkan jika Xpander ini ukurannya lebih besar untuk small MPV. Sehingga membuat adanya pergeseran konsumen, baik ke atas maupun ke bawah sehingga penjualannya semakin naik.

Baca Juga: Suzuki Ertiga Baru Dipastikan Meluncur Semester Kedua 2018

“Ada konsumen yang punya Innova tapi dia mau downgrade sedikit dengan fitur yang mendekati maka dia pilih Xpander. Tapi ada juga yang naik kelas dari LCGC pindah ke Xpander,” ungkapnya.

Semua fenomena pada Xpander ini memang baru akan berhenti saat ada produk baru yang bermain di segmen sama. Jadi mungkin saja, Mitsubishi akan harus mencari cara lain saat Suzuki meluncurkan Ertiga baru di Indonesia.

Kabarnya Suzuki juga akan melakukan world premiere bagi Ertiga baru ini di Indonesia pada semester kedua 2018. Kita lihat saja seperti apa Ertiga baru nanti, apakah bisa menghentikan fenomena Xpander?

Kalau menurut pendapat Anda gimana nih?

suzukiertigahybrid

LEAVE A REPLY