Nissan Siapkan Leaf SUV, Mobil Listrik Berteknologi Otonomos

0
nissan leaf suv
Inilah yang akan menjadi Nissan Leaf SUV (foto/Autocar)
suzukiertigahybrid

ROCKOMOTIF, London – Nissan sudah berancang-ancang untuk menambah model mobil listriknya. Mengandalkan Nissan Leaf yang sudah memiliki reputasi bagus di Eropa, pabrikan Jepang ini pun memastikan akan ada Leaf SUV.

Hal ini dikonfirmasi oleh bos Nissan Design Europe Mamoru Aoki kepada Autocar. “Tentu saja, kita sudah punya Leaf baru, tapi saya rasa versi produksi dari IMx konsep akan menjadi terobosan baru.”

Aoki menambahkan jika IMx ini akan memasuki pasar yang sedang booming. Menurut beberapa analis, penjualan crossover di Eropa akan naik hingga 34 persen di tahun 2020. Tapi yang terpenting adalah versi lebih tinggi dari Leaf menjadi keunggulan bagi platform mobil listrik Nissan.

“Interior akan lebih besar dari mobil biasa dan menawarkan banyak ruang, berkat tempat baterai yang membuat lantai jadi rata. Dashboard nya juga lebih menjorok ke depan karena unit HVAC (heating, ventilation dan AC) berada di bawah bonnet.

Baca Juga: Nissan Terra Resmi Meluncur, Tenaganya Ungguli Pajero Sport dan Fortuner

Mobil konsep IMx yang debut di Tokyo Motor Show pada Oktober lalu memang paling memungkinkan menjadi Crossover listrik Nissan. IMx konsep menjanjikan daya jelajah hingga 600 km dalam satu kali pengisian baterai.

Ditenagai oleh dua motor listrik dengan penggerak empat roda yang menghasilkan tenaga 429 hp dan torsi 700 Nm. Yang menarik Nissan akan membekali IMx ini dengan teknologi otonomos ProPilot generasi terakhir.

Nissan Leaf adalah mobil listrik terlaris dan tercanggih di dunia

Bahasa Desain Nissan di Masa Depan

Nissan IMx akan mengusung nuansa arsitektur Jepang, terutama di bagian dalam kabin. Karena menurut Aoki rumah tradisional di Jepang kecil-kecil dan beberapa ruangan memiliki banyak fungsi.

Aoki juga menyebut keunikan trim interior IMx, yang menggunakan bahan kayu dan plastik sehingga bisa menyala. Sepertinya ini pertanda jika bagian ini akan diproduksi, tidak sebatas cuma konsep saja.

Kepada Autocar, Aoki mengatakan juga bagian luar IMx akan menjadi bahasa desain Nissan di masa depan. Tujuannya adalah lebih mendekatkan dengan akar budaya Jepang di perusahaan ini.

IMx tidak memiliki tampang maskulin atau tangguh, yang sekarang umum digunakan pada mobil konvensional. “Mobil ini akan lebih ringan dengan banyak sudut tajam,” ujarnya.

Detil dari tampilan eksterior sangat menggambarkan nuansa Jepang, ekspresif tapi bersih dan memiliki kesan mahal. Aoki adalah pria yang mendesain tiga model Infiniti dan juga Nissan 350Z.

suzukiertigahybrid

LEAVE A REPLY