SUV Mewah Ini Bisa Jadi Pilihan Mobil Dinas Presiden Jokowi

0
SUV mewah
Mercedes-Maybach SUV yang akan melawan Bentayga dan Cullinan
suzukiertigahybrid

ROCKOMOTIF, Jakarta – Mercedes-Benz punya satu sub-brand yang lebih mewah yaitu Maybach. Mobil Maybach ini biasanya menjadi mobil-mobil para milyuner yang sudah bosan dengan Mercedes.

Melihat kesuksesan dari Mercedes-Maybach S-Class, pabrikan Jerman ini berinisiatif untuk menambah model baru untuk Maybach. Wujudnya adalah SUV premium yang akan bersaing dengan Bentley dan juga Range Rover.

SUV Maybach ini akan mengambil basis dari Mercedes GLS-Class, karena GLS ini adalah S-Class nya di SUV. Maybach SUV ini dilaporkan akan melakukan debutnya sebagai mobil konsep di Beijing Motor Show pada bulan April mendatang.

Setelah itu akan hadir di Los Angeles Motor Show pada November dalam wujud prototipe. Hal ini dikonfirmasi oleh Autocar dan baru akan dijual mulai 2019 dengan banderol mulai dari Rp 2,3 miliar atau 120 ribu Poundsterling.

Maybach SUV ini nantinya akan menggunakan bodi dari baja dan alumunium dan juga penggerak empat roda yang sama dengan GLS terbaru. Namun akan ada perbedaan dari sisi kemewahan di bagian interior dari GLS standar.

Seorang petinggi mengatakan kepada Autocar, “Kami cukup terkejut dengan suksesnya penjualan Mercedes-Maybach S-Class. Rencana kami sekarang adalah membuat eksklusifitas ini ke segmen SUV.”

Menurut sumber dari internal yang mengembangkan Mercedes-Maybach ini, dikenal dengan kode Maybach 9, mengatakan jika tak hanya tampilan luar saja yang eksklusif, tapi juga dari sisi fitur canggih yang diusungnya. Contohnya adalah fitur otonomos.

Platform dan Mesin Baru

Mercedes-Benz GLS terbaru memang sedang dalam tahap pengujian di jalan, dan seringkali tertangkap kamera. GLS baru ini akan menggunakan platform Mercedes-Benz Modular High Architecture (MHA).

Platform ini merupakan pengembangan dari plaform sebelumnya dan akan digunakan juga untuk model lain seperti GLE dan GLE Coupe. Akan ada pengurangan bobot yang signifikan, juga kemampuan yang mendukung sistem kelistrikan 48V serta radar terbaru, kamera dan sensor-sensor.

Mercedes-Maybach GLS ini akan dibekali dengan mesin eksklusif, yang dikembangkan dari Mercedes-AMG M1777 V8 bensin. Pada S560 yang baru saja diluncurkan, mesin V8 4.0 liter ini menghasilkan tenaga 462 hp, membuat kemungkinan hadirnya GLS 560.

Mesin baru ini nantinya akan memiliki fitur cylinder-shutdown untuk menghemat bahan bakar saat berkendara di kota. Mesin ini akan menggantikan mesin lama V8 4,7 liter turbo yang saat ini digunakan pada GLS 500.

Gosipnya akan ada mesin hybrid untuk Mercedes-Maybach ini, yang menggabungkan mesin turbo dengan supercharger elektrik ke mesin 3.0 liter. Tenaganya mencapai 362 hp dan 121 hp dari motor listriknya. Pada GLS baru baterainya akan sanggup melesat sejauh 50 km.

GLS baru akan diproduksi di pabrik Mercedes di Tuscaloosa, Alabama sehingga kemungkinan juga Maybach SUV pertama ini akan diproduksi di Amerika.

Mercedes-Maybach SUV ini akan bersaing ketat dengan Bentayga dan juga Rolls-Royce Cullinan yang masih dalam tahap pengujian.

Sepertinya mobil SUV mewah ini juga bisa menjadi pilihan baru bagi mobil Kepresidenan Republik Indonesia.

Hanya tinggal menambahkan paket anti peluru saja seperti mobil dinas Presiden Jokowi yang sekarang masih digunakan. Lumayan kan bisa jadi alternatif saat jalanan Jakarta dilanda banjir.

suzukiertigahybrid

LEAVE A REPLY