Oli Mobil Sebenarnya Bisa Digunakan Untuk Motor Skutik, Tapi..

0
oli mobil untuk skutik
Motor Kawasaki Versys 250 ini akan menggunakan pelumas Pertamina Enduro 4T

ROCKOMOTIF, Bogor – Sekarang ini pengguna motor matik atau skutik memang lebih banyak mendominasi jalanan di Indonesia. Akibatnya banyak juga produk pelumas untuk motor jenis ini yang beredar di Tanah Air.

Namun banyak beredar kabar jika para pengguna motor skutik bisa menggunakan oli mobil sebagai pelumas. Benarkah hal itu baik untuk kinerja mesin skutik? Atau hal ini hanya sekedar mitos saja.

Menurut Technical Specialist PT Pertamina Lubricants Agung Prabowo, hal ini tidak sepenuhnya salah. Karena secara teknis oli mobil bisa digunakan untuk motor matik.

“Tapi perlu diingat ya, hanya untuk motor matik, tidak bisa untuk motor konvensional lain,” ungkap Agung di acara “Obrolan Ringan Otomotif: Mitos & Fakta Seputar BBM dan Pelumas” yang berlangsung di Bogor, Jawa Barat, Senin (26/3/2018).

Baca Juga: BBM Euro 4 Berlaku Mulai Mei 2018, Premium dan Pertalite Hilang?

Lebih lanjut Agung mengatakan jika mekanisme kerja mesin motor skutik itu mirip dengan mesin mobil. Makanya hal ini masih memungkinkan.

“Secara teknis teknologi kopling kering pada motor skutik itu sama seperti mobil. Hanya membutuhkan oli yang sifatnya sama dengan oli mobil, yaitu licin,” tambahnya.

Agung menjelaskan mitos dan fakta seputar pelumas kendaraan

Masa Pakai Lebih Panjang

Pada prinsipnya oli mesin mobil memang dibuat hanya untuk melumasi komponen di dalam mesin. Seperti kruk-as, piston, dan komponen di luar transmisi.

Hal ini sama dengan sistem motor matik yang koplingnya tidak terendam oli. Namun Agung menegaskan penggunaan oli harus dengan tipe yang sama seperti rekomendasi pabrikan motor.

Selain itu, menggunakan oli mobil untuk motor skutik juga bisa menguntungkan. Karena masa pakainya bisa lebih panjang daripada oli motor itu sendiri.

Namun Agung tetap menganjurkan oli motor yang memang diciptakan khusus untuk motor itu sendiri. Karena riset dan pengembangannya sendiri khusus untuk motor.

“Meski bisa, tetap direkomendasikan untuk pakai oli khusus motor. Karena pada dasarnya karakter mesin motor berbeda dengan mesin mobil,” jelas Agung.

Agung menambahkan jika mesin motor skutik itu butuh oli yang kadar friction modifier tinggi agar tingkat pelumasan maksimal.

“Jika memang terpaksa atau sekedar ingin coba-coba, pakai oli mobil yang kadarnya sesuai dengan rekomendasi pabrikan motor saja,” tutupnya.

Selain itu, gonta-ganti oli motor juga tidak dilarang, yang terpenting hanya tipenya harus sama. Merek beda asal spesifikasinya sama itu diperbolehkan.

Jangan sampai salah pilih oli buat kendaraan Anda ya.

LEAVE A REPLY