Mobil Murah Jadi Penyelamat Honda Sepanjang Kuartal Pertama 2018

0
mobil murah Honda
Honda Brio Satya dan RS menyelamatkan muka Honda selama kuartal pertama 2018

ROCKOMOTIF, Jakarta – Tahun 2018 sudah memasuki kuartal kedua di bulan April ini. Banyak mobil baru yang akan mengaspal di Indonesia, dengan adanya Indonesia International Motor Show (IIMS) tanggal 19 April mendatang.

Bagi Honda, IIMS pun akan menjadi momen kebangkitannya di segmen SUV. Karena menurut kabar yang beredar, PT Honda Prospect Motor (HPM) akan menghadirkan BR-V dan juga HR-V yang lebih baru alias facelift.

Memang sepanjang kuartal pertama, dari Januari hingga Maret 2018 penjualan Honda di segmen SUV cenderung menyusut tajam. HPM masih bisa bernapas karena penjualan mobil murah atau LCGC dan city car yang dipunggawai oleh Brio masih menunjukkan peningkatan besar.

Jika dibandingkan dengan tahun lalu di periode yang sama, Honda Brio baik Satya dan RS mengalami peningkatan penjualan hingga 52 persen.

Sejak Januari hingga Maret 2018 ini, Honda Brio RS dan Satya mencatatkan penjualan sebesar 16.051 unit. Terjadi peningkatan dibandungkan triwulan pertama tahun lalu, di mana angka yang dicapai adalah 10.552 unit.

Baca Juga: Honda Banyak Recall, Cuma Civic Yang Dapat Award

Secara keseluruhan, kedua model Honda Brio menyumbang 44% dari seluruh penjualan Honda selama tiga bulan pertama tahun ini. Totalnya mencapai 36.258 unit.

“Pasar LCGC dan City Car terus menjadi salah satu segmen terbesar di pasar otomotif Indonesia pada triwulan pertama tahun ini. Dan kedua produk kami di segmen ini masih dapat memberikan kontribusi besar terhadap penjualan Honda,” ujar Jonfis Fandy Marketing and After Sales Service Director PT HPM.

Penjualan BR-V Menyedihkan

Hal yang berbeda ketika bicara soal penjualan BR-V. Cukup menyedihkan karena selama tiga bulan ini, BR-V hanya terjual sebanyak 604 unit saja.

Jumlah ini bahkan kalah dari Honda Civic Turbo dan Civic Hatchback, dengan angka 848 unit dan 639 unit.

Tapi Jonfis tetap percaya diri, “Dengan kondisi pasar yang masih kondusif hingga saat ini, kami percaya kami dapat mempertahankan penjualan yang positif tahun ini.”

Sementara itu data lain sepanjang 2018, Honda HR-V 1.5L terjual 6.904 unit dan Honda HR-V 1.8L terjual 1.248 unit. Sedangkan Honda Mobilio terjual 4.855 unit, sedangkan Honda Jazz terjual 2.776 unit.

LEAVE A REPLY