Apa Hebatnya Suzuki Ertiga Baru Yang Bisa Bikin Risau Kompetitornya

0
spk suzuki ertiga baru
Ertiga baru punya fitur apa untuk melawan Xpander
suzukiertigahybrid

ROCKOMOTIF, Jakarta – Persaingan semakin ketat di segmen mobil low MPV dengan hadirnya Suzuki Ertiga baru. Segmen ini memang jadi pasar terbesar mobil di Indonesia.

Jadi wajar jika semua pabrikan mobil tertarik untuk mencicipinya. Suzuki pun sebelumnya pernah menyatakan jika baru akan merilis Ertiga baru di semester kedua 2018.

Nyatanya, demi mendapat penjualan yang banyak debut dunia si Ertiga baru ini pun maju di kuartal kedua. Meskipun harga resmi belum diumumkan, dengan alasan masih merumuskan agar harganya value for money.

Apapun alasannya, Ertiga baru sudah hadir ke publik. Jadi lebih baik kita bahas apa saja kelebihan dan kekurangan si Ertiga baru ini.

Karena sekarang ini Xpander masih berjaya di low MPV dengan sukses menggulingkan Avanza. Beban Suzuki memang berat jika dituntut harus melebihi pencapaian Xpander.

Baca Juga: Mau Beli Suzuki Ertiga Terbaru Di IIMS, Simak Dulu Daftar Harganya

Mitsubishi saja mengakui jika dengan hadirnya Ertiga baru akan membuat persaingan semakin ketat.

“Ya, saya sangat concern dengan hadirnya Ertiga baru. Tampilan aslinya lebih bagus daripada fotonya,” ujar Osamu Iwaba di IIMS, Kamis (19/4).

Suasana kabin Ertiga baru tipe GX

Kabin Lebih Mewah

Karena belum mencoba seperti apa rasanya dibalik kemudi Ertiga baru, kita bahas dulu soal fitur-fiturnya saja. Tampilan luar sudah jelas kan mukanya seperti Innova baru dan belakangnya mirip Volvo kalau tidak mau dibilang kaya Xpander.

Ertiga baru ini sudah menggunakan platform global Heartech. Makanya Ertiga baru jadi lebih besar dan lebih lapang.

Di dalam kabin, untuk tipe tertinggi sedikit terasa lebih mewah dari semua kompetitornya. Terlihat dari adanya aksen kayu di dashboard dan setir.

Di segmennya, setir Ertiga baru ini paling mewah

Tidak ada mobil lain di segmen ini yang memperhatikan esensi ini. Kecuali tentu di mobil yang harganya lebih mahal.

Masih soal kabin, Ertiga baru ini punya desain setir yang lebih mewah dari kompetitor. Desainnya yang rata di bagian bawah dan ada ornamen kayu dipadu dengan lapisan kulit.

Kemudian di bagian konsol tengah, Ertiga baru ini juga menyediakan cup holder dengan ventilasi. Lumayan bisa bikin minuman tetap dingin nih.

Nah itu juga tidak ada di semua kompetitornya. Tapi ingat ya, beberapa fitur premium ini cuma ada di tipe tertinggi saja yaitu GX.

Fiturnya Cukup

Lanjut bahas fitur lain, lampu depan Ertiga baru ini sudah proyektor tapi belum LED ya masih pakai bohlam halogen. Lampu belakang saja yang sudah LED.

Foglamp hanya tersedia di tipe GX, begitu juga dengan kaca spion yang melipat otomatis.

Untuk fitur smart entry juga hanya di tipe GX lengkap dengan start stop button. Sistem audio layar sentuh 6,8 inci juga hanya di tipe GX.

Oh iya, Ertiga juga dilengkapi dengan fitur keselamatan terkini ya. Seperti dua buah airbag, ABS dan EBD termasuk ESP (electronic stability program).

Tapi yang sedikit unik, fitur ESP ini hanya tersedia untuk tipe tertingginya ya. Dan Ertiga juga tidak punya hill start assist seperti Xpander. Fitur kamera parkir pun hanya menjadi opsi yang harus dibeli terpisah.

Mesin Baru

Ertiga baru ini sudah menggunakan mesin baru K15B yang berkapasitas 1.5 liter. Tenaganya mencapai 104,8 ps pada 6.000 rpm dan torsi 138 Nm di 4.400 rpm.

Suzuki menyediakan dua pilihan transmisi yang masih sama seperti sebelumnya. Manual 5-speed dan otomatis 4-speed. Sama seperti Avanza dan Xpander.

Mesin baru ini merupakan pengembangan dari mesin lama K14B dan bukan mesin yang sama seperti milik SX4 S-Cross. Dan sudah memenuhi standar Euro 4 ya.

Jadi sudah bisa memilih mau beli yang mana? Yang jelas dari sisi tampilan velg sih kurang sporty.

suzukiertigahybrid

LEAVE A REPLY