Presiden Jokowi Bangga Sama Mobil China Yang Dibikin Di Indonesia

0
presiden jokowi iims
Presiden Jokowi saat membuka pameran IIMS 2018 di Jakarta
suzukiertigahybrid

ROCKOMOTIF, Jakarta – Gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 diresmikan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo pada Kamis (19/4) kemarin. Dalam sambutannya, Jokowi membahas revolusi industri ke-4 yang menurutnya akan berdampak baik pada industri otomotif tanah air.

Pasalnya, IIMS 2018 juga mengusung tema yang menyuarakan perkembangan otomotif melalui digitalisasi dan elektrifikasi.

“Kita juga memahami bahwa revolusi industri 4.0 akan mentransformasi industri otomotif. Tema yang dipilih dalam IIMS kali ini adalah komitmen dan dukungan terhadap mobil listrik. Ini menunjukkan bahwa penyelenggara ini paham betul bahwa industri 4.0 mengarah ke sektor otomotif. apa konsekuensi dan revolusi industri 4.0 terhadap industri otomotif, termasuk dampak dari transisi mobil listrik”, ujar Jokowi saat pembukaan, Kmais (19/4).

Dijelaskan kemudian, akan ada gejolak di industri otomotif sebagai respon dari revolusi industri. Namun tetap disambut dengan optimis dalam menangkap peluang terbaik di masa transisi otomotif.

“Saya percaya bahwa dengan revolusi industri 4.0 pertumbuhan sektor otomotif akan melonjak, bukan menciut. Dan jumlah pekerja di seputar sektor otomotif akan bertambah bukan berkurang. Tapi transisi akan menjadi peluang. Yang kita perlukan adalah melek, tahu, benar-benar mengikuti, benat-benar mendalami secara cepat dan kita harus mempersiapkan secara cepat. Kita harus cekatan, lincah, siap. Dan saya optimis dengan bakat yang kita punya di sektor industri otomotif saya yakin bisa menggarap peluang-peluang yang ada,” tambah Jokowi.

Baca Juga: Sudah Bisa Dipesan, Harga DFSK Glory 580 Mulai Dari Rp 220 Juta

Selain dari sisi revolusi industri keseluruhan, Jokowi juga memberi contoh-contoh modernisasi otomotif seperti yang sudah diterapkan di sejumlah negara lain.

Salah satunya sistem abodemen dan berbagi pakai kendaraan tanpa perlu membeli, seperti menyewa mobil ramai-ramai dan bergantian memakainya.

Menurutnya, itu juga jadi gambaran transportasi masal dan akan muncul efisiensi besar. Permintaan pembelian mobil pun akan berkurang.

Jokowi juga sempat mmapir ke booth DFSK melihat mobil China yang dibuat di Indonesia

Bangga Buatan Dalam Negeri

Setelah meresmikan pembukaan, Jokowi pun berkeliling pameran melihat sejumlah produk dari beragam booth IIMS 2018. Sebagai bentuk dukungannya terhadap industri otomotif dalam negeri, Jokowi terlihat antusias saat mengunjungi booth DFSK dengan produk Glory 580.

Meski berlabel merek China, Glory 580 dibangun oleh anak negeri di pabrik Sokonindo – Cikande, Serang, Banten.

Jokowi juga blusukan ke booth-booth lain dengan berpakaian seperti anak motor, lengkap dengan jaket jeans. Tak luput booth yang memajang motor custom miliknya dan anaknya Gibran pun disambangi.

suzukiertigahybrid

LEAVE A REPLY