Harga Xpander Naik Lagi Rp 3 Juta, Itu Kenaikan Yang Tertunda Jelas Mitsubishi

0
harga xpander naik lagi
Mitsubishi mencabut subsidi BBN 2018 yang sebelumnya, jadi harga Xpander naik Rp 3 juta lagi

ROCKOMOTIF, Bandung – Mitsubishi masih panen dengan kehadiran Xpander. Hadirnya Suzuki Ertiga baru di IIMS 2018 kemarin pun tidak mmebuat pamor Xpander jadi meredup.

Bahkan Xpander masih mengantongi pemesanan jauh lebih banyak dari kompetitornya di IIMS, bahkan dari Ertiga baru sekalipun. Sayangnya, saat sedang berada di atas Mitsubishi malah terus menaikkan harga Xpander.

Ya, sejak awal tahun 2018 PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) terhitung sudah dua kali menaikkan harga jual Xpander. Ya, di bulan Mei ini MMKSI pun kembali merevisi harga MPV andalannya ini.

Harga Xpander kini naik lagi sebesar Rp 3 juta untuk semua tipenya. Tapi menurut Irwan Kuncoro, Direktur Marketing dan Sales PT MMKSI, kenaikan harga Xpander ini merupakan kenaikan yang tertunda.

“Kenaikkan Xpander Mei ini sebetulnya kenaikkan yang ditunda. Karena faktor BBN. Kenaikkan BBN itu sebelumnya kami bantu konsumen. Setelah sekian lama, kami lepas. Konsumen sebetulnya mengerti, karena setahun sekali ada kenaikkan BBN,” ungkap Irwan di sela-sela peresmian diler Mitsubishi di Rancaekek, Kamis (3/5).

Baca Juga: Butuh Rp 50 Miliar Untuk Buka Diler Mitsubishi Dan Fuso Ini

Lebih lanjut Irwan mengatakan jika kenaikan dari produk itu sendiri biasanya tidak sebesar BBN. Menurutnya konsumen tahunya kenaikan keseluruhan (On the road price).

“Tapi di dalamnya ada komponen itu. Kenapa yang sekarang naik, itu sebetulnya lebih banyak dari kenaikan BBN yang sebelumnya kita subsidi. Tentu kita tidak mengharapkan dan tidak hobi menaikan harga,” jelas Irwan.

Belum lagi ditambah nilai tukar Rupiah yang kian anjlok baru-baru ini. Tentu hal ini bisa bikin harga Xpander jadi naik lagi nih.

Tapi Irwan menampik hal itu, ia justru mengatakan tidak ada rencana kenaikan lagi. Tapi pihak MMKSI tentu akan terus memonitor masalah nilai tukar ini.

“Itu (kurs) memang kami monitor terus. Tapi untuk saat ini tentunya kita tidak bilang bahwa akan ada rencana naik, semuanya kita pelajari untuk diantisipasi,” tambahnya.

penjualan Mitsubishi Xpander iIMS
MItsubishi Xpander masih inden sekitar 3 bulan

Beli Sekarang Tidak Bisa Untuk Lebaran

Meskipun harga Xpander ini naik, tapi bagi konsumen yang baru berencana untuk meminangnya harus tetap bersabar. Paling tidak sampai 3 bulan ke depan.

“Karena ordernya juga nambah terus. Peaknya belum ketemu. Intinya makin banyak kami suplai, maka masa tunggunya makin cepat. Itu yang kami sedang usaha terus untuk meningkatkan suplai dari sisi produksi sudah sangat paham. Karena kami juga ada ekspor mulai sekarang,” imbuh Irwan lagi.

Saat ini total produksi pabrik Mitsubishi di Cikarang sudah di angka 10 ribu unit per bulan. Dan menurut Irwan masih ada kemungkinan untuk ditingkatkan lagi.

Baca Juga: Cuma Dua Model Mitsubishi Ini Yang Paling Dicari Orang Di IIMS 2018

“10 ribu itu total produksi per bulan. Walaupun kemungkinan untuk dinaikan itu ada karena itu juga masih diusahakan oleh pabrik,” jelasnya.

Jadi kalau Anda berminat untuk membeli Xpander sekarang, maka sudah pasti tidak akan bisa dipakai untuk Lebaran nanti. Kecuali Anda beruntung mendapat limpahan dari konsumen yang membatalkan pesanannya. Tapi jangan banyak berharap ya, namanya juga faktor keberuntungan.

LEAVE A REPLY