Suzuki Jimny Terbaru Resmi Dirilis, Ini Detail Spesifikasi dan Harganya

0
suzuki jimny
Suzuki Jimny terbaru resmi dirilis di Jepang

ROCKOMOTIF, Jakarta – Generasi terbaru dari Suzuki Jimny sudah resmi dirilis di Jepang pada Jumat (5/7/2018). Jip dengan kemampuan jelajah di segala medan ini sudah tersedia untuk pasar domestik Jepang dan akan tersedia juga di luar Jepang.

Mengenai spesifikasinya, Suzuki bakal merilis dua varian dengan pilihan mesin berbeda. Jimny standar akan menggunakan mesin R06A tiga silider berkapasitas 658cc dengan turbo. Versi ini hanya tersedia khusus untuk pasar Jepang saja.

Kemudian ada Jimny Sierra yang mengusung mesin K15B berkapasitas 1.5 liter. Di Tanah Air, mesin ini digunakan oleh All New Ertiga dan model ini khusus untuk pasar ekspor ke luar Jepang.

Mesin 1.5 liter ini akan memberikan tenaga 101 hp dan torsi 130 Nm. Sementara untuk mesin 3 silindernya bertenaga 63 hp dan torsi 96 Nm.

Baca juga: Kapan Jimny Baru Masuk Indonesia? Ini Kata Suzuki

Untuk transmisinya, Suzuki memberikan dua opsi yaitu transmisi manual 5-speed dan otomatis 4-speed. Suzuki masih mempertahankan tuas transmisi untuk mode 4WD dibanding menggunakan model tombol dial.

Desain Jimny terbaru masih mempertahankan desain boxy

Dimensi Lebih Besar, Fitur Lebih Lengkap

Suzuki Jimny terbaru masih mempertahankan ciri khas sasis bersusun (ladder frame) dan penggerak 4WD part time. Ditambah dengan LSD (limited slip differential) dan kontrol traksi sebagai fitur standar di semua model.

Suspensinya menggunakan 3-link axle guna menambah kemampuan saat melibas medan off-road. Suzuki juga mengklaim Jimny baru ini memiliki bagasi lebih luas hingga 377 liter, lebih banyak 53 liter dari Jimny sebelumnya.

 

Jimny baru ini memiliki approach angle 37 derajat dan departure angle 49 derajat. Sementara ground clearance mencapai 210 mm.

Kabin terlihat modern berkat layar sentuh 7 inci

Di dalam kabin pun lebih modern, dengan hadirnya layar sentuh berukuran 7 inci dengan Bluetooth. Namun secara keseluruhan, desain kabin Jimny baru ini masih terlihat sederhana.

Tak ketinggalan fitur keselamatan pun ditingkatkan pada Jimny terbaru dengan hadirnya Suzuki Safety Support. Fitur ini termasuk emergency braking otomatis, lane departure warning dan pendeteksi lampu lalu lintas.

Untuk harganya sendiri, di Jepang Jimny standar dijual dengan harga Rp 189 juta hingga versi mahalnya termahal 239 juta. Sementara untuk Jimny Sierra harganya mulai dari 266 jutaan.

Jika masuk Indonesia kemungkinan harganya tidak berbeda jauh dari versi sebelumnya yang dibanderol RP 288 jutaan. Ada kemungkinan Suzuki juga bakal menyediakan versi 2WD untuk Jimny ini, yang harganya pasti akan lebih murah.

LEAVE A REPLY