Suzuki Ertiga Jadi Satu-Satunya Mobil Ramah Disabilitas di Segmennya

1
suzuki ertiga support concept
Suzuki memperkenalkan Ertiga Support Concept di GIIAS 2018

ROCKOMOTIF, Serpong – Suzuki menghadirkan mobil konsep lagi di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 ini. Menariknya, mobil konsep ini punya keunggulan sebagai mobil low MPV satu-satunya di Indonesia yang punya fitur ramah terhadap disabilitas.

Suzuki menyebutnya Support Concept, menggunakan Ertiga baru yang mendapat modifikasi berupa jok yang bisa diputar. Memang PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) belum berencana menjual mobil ini dalam waktu dekat, alias hanya sekedar unjuk keunggulan saja.

Dari tampilan luar tidak ada beda antara mobil konsep ini dengan Ertiga standar. Karena memang ubahannya hanya pada jok depan saja.

Suzuki merancang Support Concept berbasis Ertiga dengan mengubah jok penumpang depan agar mudah diakses penumpang berkursi roda. Jok ini dapat berputar sampai 90 derajat ke arah luar dengan menarik tuas di bawah.

Baca juga: Kuasai City Car, Suzuki Ignis Bukan Lawan Bagi Honda Brio

Memang mekanismenya masih secara manual, karena menurut Yulius Purwanto selaku Head of 4W Product Development & Acessories PT SIS perbedaan harga yang cukup mahal jika menggunakan mekanisme elektrik atau otomatis.

“Kalau menggunakan jok disabilitas otomatis yang ada di pasaran sekarang banderolnya bisa mencapai Rp 100 juta,” jelasnya di GIIAS, Selasa (7/8/2018).

Modifikasinya hanya pada jok depan dan juga bukaan pintunya

Incar Pasar Taksi

Jika pada mobil keluarga lain yang segmennya di atas Ertiga kursi disabilitas ini berada di belakang. Tapi kenapa Suzuki menempatkannya di depan? Menurut Yulius alasan utama karena jok di Ertiga depan ini lebih luas.

“Ruang kaki di depan itu lebih luas ketimabang di baris kedua. Jadi lebih banyak ruang yang bisa dimanfaatkan di depan. Kalau di belakang, karena posisi kaki jadi perlu ada penyesuaian lebih banyak,” ujar Yulius lebih lanjut.

Ubahan yang terjadi tidak hanya terjadi pada jok saja, tapi Suzuki juga melakukan sedikit modifikasi pada bukaan daun pintu kiri ini. Ubahan dilakukan agar pintu depan kiri dapat terbuka hampir 90 derajat.

Baca juga: Suzuki Jimny Mobil Pertama Jokowi, Pertanda Akan Diproduksi Lokal?

Ternyata Suzuki memilih All New Ertiga untuk konsumen yang berkebutuhan khusus karena melihat ada celah pasar di sini.

“Dasarnya karena suzuki melihat peluang, banyaknya angkutan umum (taksi) yang memiliki kelengkapan untuk yang berkebutuhan khusus membuat suzuki berencana untuk menawarkan unit ini untuk armada tersebut,” tutupnya.

Untuk banderol harga memang belum dirilis, tapi Yulius yakin jika model produksi Support Concept ini bisa dijual dengan harga terjangkau. Wah, mesti siap-siap nih Ertiga baru mau jadi armada taksi khusus.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY