Jangan Mau Apabila Ditawarkan untuk Pesan Pelat Nomor

0
pesan pelat nomor
Mobil Presiden pakai pelat nomor RI 1

ROCKOMOTIF, Jakarta – Penerapan pembatasan kendaraan melalui sistem ganjil-genap, banyak dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Misal, konsumen mobil baru atau seken ditawarkan untuk memesan pelat nomor.

Jadi, misalnya konsumen tersebut ingin pelat nomor angka akhirnya ganjil atau genap, bisa disesuaikan. Akan tetapi, harus mengeluarkan uang lebih, sekitar Rp 500.000 hingga Rp 1 juta.

Bahkan, praktik curang itu sering ditawarkan oleh para tenaga penjual diler. Menanggapi hal itu, menurut Kasubdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Sumardji, masyarakat sebaiknya menolak, karena itu tidak dibenarkan.

Baca juga: Selama Agustus 2018, Polisi Tilang 26.055 Pelanggar Ganjil Genap

“Jadi kalau ada oknum seperti anggota saja akan langsung kami tindak. Begitu juga buat diler sebaiknya tidak menawarkan hal seperti itu kepada konsumen,” kata Sumardji di Jakarta belum lama ini.

Pilih Plat Nomor Khusus

Secara aturan, lanjut Sumardji tidak dibenarkan. Apalagi, mendapatkan pelat nomor itu berdasarkan antrean yang masuk, sehingga tidak bisa dipilih sesuai keinginan. Kecuali pilih menggunakan nomor khusus.

“Itu pun ada aturannya dan biaya tambahan dan memang kalau nopol pilihan itu sah saja. Pertahun juga bayar pajaknya berbeda, tetapi kalau yang nomor biasa dan itu minta nomor ganjil atau genap benar-benar tidak bisa,” ungkap dia.

Nomor polisi khusus itu diatur resmi dalam Penerbitan Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor (NRKB) sesuai dengan PP No 60 Tahun 2016. Tarifnya berbeda-beda tergantung jumlah angkanya.

Berikut ini daftar tarif penerbitan NKRB pilihan sesuai dengan PP No 60 Tahun 2016:

1. Nopol pilihan 1 (satu) angka
– Tidak ada huruf belakang (blank) Rp 20 juta
– Ada huruf di belakang angka Rp 15 juta

2. Nopol pilihan 2 (dua) angka
– Tidak ada huruf di belakang Rp 15 juta
– Ada huruf di belakang Rp 10 juta

3. Nopol pilihan 3 (tiga) angka
– Tidak ada huruf di belakang angka Rp 10 juta
– Ada huruf di belakang angka Ro 7,5 juta

4. Nopol pilihan 4 (empat) angka
– Tidak ada huruf di belakang angka Rp 7,5 juta
– Ada huruf di belakang angka Rp 5 juta

Nomor polisi pilihan ini hanya berlaku lima tahun. Jika ingin memperpanjangnya, pemilik kendaraan wajib mengurus surat permohonan penggunaan nomor pilihan itu lagi.

LEAVE A REPLY