Mau Pasang Sendiri Cruise Control di Mitsubishi Xpander? Perhatikan Hal Ini

0
cruise control
Fitur cruise control di Mitsubishi Xpander versi ekspor

ROCKOMOTIF, Medan – Mitsubishi Xpander memang belum ada varian baru, tapi PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) terus melakukan update. Yang terbaru adalah penambahan fitur cruise control di mobil keluarga Mitsubishi ini.

Hanya saja fitur cruise control ini cuma tersedia di varian tertinggi saja, yaitu Xpander Ultimate. Fitur yang mampu membuat mobil melaju tanpa harus menekan pedal gas ini menjadi andalan MMKSI untuk terus menggenjot penjualan Xpander.

Menurut Imam Choeru Cahya Head of Sales & Marketing Group MMKSI pihaknya ingin agar Xpander selalu berada di atas kompetitornya. Sehingga MMKSI terus melakukan penambahan fitur pada mobil yang terus menggerus penjualan Avanza ini.

“Kita memang ingin agar Xpander ini memiliki fitur yang lebih dari kompetitornya. Di segmennya kan belum ada yang punya fitur cruise control ini,” ungkap Imam di Medan, Rabu (31/10).

Baca juga: Mitsubishi Berambisi Kuasai Pasar LMPV dan SUV di Sumatera Utara

Sebenarnya tidak hanya cruise control saja yang ditambahkan oleh MMKSI pada Xpander. Tapi ada juga engine cover untuk tipe Exceed, Sport dan Ultimate. Untuk varian GLX M/T mendapat tambahan pendingin udara double blower.

rahasia mitsubishi
Mitsubishi tetap andalkan Xpander di GIIAS 2018

Bisa Pasang di Tipe Lain?

Untuk engine cover memang hanya sebagai pemanis, dan untuk double blower AC agar penumpang belakang tetap nyaman. Tapi fitur cruise control ini sudah banyak yang memasang di mobil mereka sebelum MMKSI resmi menambahkannya di tipe Ultimate.

Lantas apakah memang fitur ini aman untuk ditambahkan sendiri di mobil Xpander sebelum fitur ini hadir secara resmi? Sebagai informasi, fitur cruise control ini baru tersedia pada Xpander yang diproduksi bulan Oktober, jadi sebelum itu fitur ini tidak tersedia.

Menurut Imam penambahan fitur cruise control ini memang sudah disiapkan oleh MMKSI sejak awal. Karena memang untuk ekspor sudah tersedia. Tapi menurutnya untuk menambahkan fitur ini ada penyesuaian pada ECU jadi tidak bisa sembarangan diubah.

“Ada tambahan fitur ini kan kita ada update di ECU juga. Tapi yang lebih paham soal teknis itu tim servis kita,” lanjut Imam.

Meski begitu Imam tidak bisa melarang konsumen yang sudah memasang sendiri cruise control di Xpander mereka. Hanya saja jika ada masalah di kemudian hari pasti MMKSI akan memberikan garansi sesuai dengan ketentuan.

“Kita kan enggak bisa melarang konsumen yang mau memodifikasi mobilnya. Tapi kalau soal garansi itu kita pasti penuhi kewajiban. Misalnya gini, kalau dia pasang cruise control sendiri tapi yang bermasalah ada di shockbreaker ya pasti kita ganti shockbreakernya,” jelas Imam.

Memang Imam tidak bisa menjelaskan jika garansi terkait ECU, karena sekali lagi ia menekankan untuk masalah teknis harus berkonsultasi dengan tim servis.

Jadi buat yang sudah pasang cruise control sendiri di Xpander nya, sebaiknya diperhatikan baik-baik pemasangannya. Jangan sampai mobilnya tiba-tiba kebakar sendiri seperti yang belum lama ini terjadi ya.

LEAVE A REPLY