Ingin Mencoba Tol Trans Jawa, Perhatikan Beberapa Hal Penting Ini

0
tol trans jawa
Tol Trans Jawa menghubungkan Merak hingga Pasuruan dan sebaliknya

ROCKOMOTIF, Jakarta – Sudah berfungsinya tol Trans Jawa yang menyambungkan jalan tol dari Merak hingga Pasuruan menjadi magnet masyarakat saat liburan akhir tahun ini. Jasa Marga pun mencatat pertumbuhan pengguna jalan tol yang signifikan selama libur Natal kemarin.

Berdasarkan data Jasa Marga, selama tiga hari pada 21-23 Desember lalu sekitar 96.430 kendaraan yang melintasi Gerbang Tol Kali Kangkung di wilayah Batang Semarang. Sedangkan untuk wilayah Jawa Timur, total kendaraan yang melintasi Gerbang Tol Warugunung, Tol Surabaya-Mojokerto mencapai 58.775 kendaraan.

Nah bagi Anda yang ingin memanfaatkan tol Trans Jawa ini harap memperhatikan keamanan selama berkendara. Konsentrasi tinggi sangat dibutuhkan karena jarak tempuh tol yang sangat panjang.

Gerbang tol Kali Kangkung di jalan tol Batang-Semarang

Jasa Marga juga menghimbau masyarakat yang melintasi ruas Tol Trans Jawa untuk tetap berhati-hati selama perjalanan. Demi menjaga kenyamanan dan keamanan pengguna jalan tol, harap perhatikan beberapa hal ini.

Baca juga: Jakarta Surabaya Bisa Ditempuh Lewat Jalan Tol Trans Jawa

Pertama adalah dengan menjaga fisik pengemudi dengan melakukan istirahat setiap dua jam sekali. Pastikan juga kendaraan dalam kondisi prima dan usahakan mengisi BBM selalu penuh. Karena masih belum banyak rest area yang berfungsi maksimal di ruas-ruas tol Trans Jawa yang baru dibuka ini.

Jangan menggunakan gadget selama berkendara. Kemudian juga patuhi rambu-rambu dan batas maksimal kecepatan 100 Km/jam. Jika berkendara malam, harap ekstra waspada karena belum banyak jalan tol yang dilengkapi dengan penerangan jalan.

Persiapkan juga bekal makan dan minum untuk selama perjalanan mengingat jarak tempuh yang sangat panjang. Terakhir pastikan saldo uang elektronik Anda mencukupi sebelum memasuki jalan tol. Jangan sampai menghambat kendaraan lain saat berada di gerbang tol hanya karena saldo uang elektronik Anda tidak mencukupi.

LEAVE A REPLY