Honda PCX Electric Meluncur di Indonesia Tapi Tidak Dijual Untuk Umum

0
honda pcx electric
Honda PCX Electric resmi meluncur di Indonesia dan diproduksi di Tanah Air

ROCKOMOTIF, Jakarta – Era sepeda motor tanpa emisi memang sudah dimulai beberapa waktu lalu. Kini PT Astra Honda Motor (AHM) pun tak ingin ketinggalan dengan meluncurkan skutik listriknya.

Honda memilih skutik PCX Electric sebagai motor listrik pertamanya di Indonesia. Honda PCX bertenaga baterai ini pun diproduksi di pabrik Sunter, Jakarta Utara.

Hanya saja AHM memutuskan untuk menjualnya secara bertahap dan ini berarti untuk saat ini belum dipasarkan untuk masyarakat umum. AHM menyiapkan skema bisnis tersendiri yang akan diimplementasikan secara bertahap atau gradual.

Pada tahap awal, AHM menjalankan skema bisnis untuk Honda PCX Electric berupa penyewaan kepada perusahaan untuk mendukung operasional bisnis perusahaan di berbagai lini. AHM akan menggandeng pihak ketiga dalam melayani penyewaan dengan berbagai perusahaan. Kegiatan penyewaan ini akan dimulai pada kuartal pertama 2019 di beberapa kota besar Indonesia.

Presiden Director AHM Toshiyuki Inuma mengatakan Honda PCX Electric adalah salah satu perwujudan roadmap AHM untuk menghadirkan teknologi sepeda motor, sesuai perkembangan tren kendaraan saat ini. Sekaligus menghadirkan alternatif moda transportasi dengan teknologi listrik.

“Di samping motor berbasis bahan bakar, kami ingin mewujudkan kendaraan listrik yang nyaman dan menyenangkan di masa depan. Honda PCX Electric adalah model pertama kami untuk melengkapi gaya hidup masa depan masyarakat Indonesia,” ujar Inuma.

Baca juga: Honda PCX Hybrid Sudah Lolos Uji Tipe, Apakah Ada Peminatnya?

Nuansa canggih dan mewah ditingkatkan dengan sistem lampu full LED, serta menggunakan aksen biru di beberapa bagian yang akan terlihat saat lampu dimatikan.

AHM belum berencana memasarkan PCX Electric ini untuk umum melainkan baru disewakan ke perusahaan

Panel instrumen motor ini menampilkan informasi sistem EV dengan jelas. Indikatornya meliputi speedometer, jam, kapasitas baterai yang tersisa, dan status pengisian daya saat tersambung ke daya listrik.

Terdapat hugger belakang yang terpasang di belakang power unit untuk menambah kesan canggih dan sekaligus unik. Honda PCX Electric hanya tersedia dalam warna Pearl Glare White.

Honda PCX Electrix menghasilkan output maksimum 4.2kW yang didapat sejak putaran rendah, dengan akselerasi lembut. Torsi maksimal 18 Nm @500 rpm. Sistem elektrifikasi ini membuat pompa oli, radiator, dan kopling tidak diperlukan.

Dua unit baterai portabel yang disebut Honda Mobile Power Pack mampu menjalankan sepeda motor sekitar 69 km dalam sekali pengisian penuh (hasil pengujian dengan kecepatan rata-rata 40 km/jam secara konstan).

Untuk mengisi baterai kosong, dua Honda Mobile Power Pack dapat terisi penuh dalam pengisian selama 4 jam saat menggunakan pengisi daya opsional dengan metode off-board. Terdapat pula cara pengisian menggunakan sistem on-board (terkoneksi langsung dengan listrik) dengan masa pengisian 6 jam.

LEAVE A REPLY