Ubahan Minim Pada Mobilio Bikin Lebih Hemat Bahan Bakar?

0
Honda Mobilio facelift
Bisakah Anda melihat perbedaan dari Honda Mobilio facelift ini?

ROCKOMOTIF, Jakarta – Ada yang unik saat PT Honda Prospect Motor (HPM) mengadakan Media Test Drive untuk menguji Honda Mobilio terbaru. Pasalnya ubahan yang ada pada Honda Mobilio terbaru ini bisa dibilang sangat minim dan tidak ada yang berubah pada sektor mesin dan kaki-kaki.

Nyatanya HPM mengajak puluhan awak media untuk menguji efisiensi bahan bakar dari Honda Mobilio facelift ini. Sebenarnya tidak ada efek langsung ubahan Mobilio ini terhadap konsumsi bahan bakar.

Tapi kita bahas dulu apa saja ubahan baru di Mobilio ini. Secara tampilan, bisa dibilang tidak terlalu terlihat perubahan besar pada mobil ini. Tapi kalau dicermati, ada lampu DRL LED kemudian desain baru velg yang sudah two tone dan spoiler depan belakang.

Masuk ke interior, warna kabin baru serta layar sentuh 6,2 inci yang terhubung ke smartphone. Mobil yang dites oleh awak media adalah tipe E CVT.

Lanjut ke uji irit Mobilio, rute yang disiapkan oleh HPM cukup mewakili penggunaan di dalam kota Jakarta. Rutenya dimulai dari Cilandak Town Square menuju Ancol tapi melalui tol BSD dan mengarah ke Pantai Indah Kapuk.

Baca juga: Gara-gara Mobil Murah, Penjualan Honda Brio Meningkat

Rute yang didominasi oleh jalan tol ini di luar dugaan terdapat beberapa titik kemacetan. Honda Mobilio tetap mendapat mesin 1.5L i-VTEC yang mampu menghasilkan tenaga hingga 116 hp pada 6.600 rpm dan telah dilengkapi dengan transmisi CVT with Earth Dreams Technology.

Hasil yang paling baik mencapai 21,6 km/liter, sementara ROckomotif sendiri mendapat hasil 20,6 km/liter. Cukup baik untuk pengujian di jalan tol.

Namun harus diingat mode pengendaraan yang dilakukan adalah mode irit dengan kecepatan maksimal di 60-70 km/jam. Selain itu juga penggunaan pedal gas harus dengan sangat bijak. Tidak boleh ada akselerasi mendadak.

Tantangan berat harus dihadapi oleh Honda, karena pada awal tahun ini banyak kompetitor di segmen small MPV yang meluncurkan model barunya. Pertanyaannya sekarang akankah Honda Mobilio sanggup bertahan dan memikat konsumen baru?

LEAVE A REPLY