Toyota Anggap Mitsubishi Xpander Belum Sesukses Avanza

0
harga avanza
Avanza terbaru tidak mengalami kenaikan harga dibanding model sebelumnya

ROCKOMOTIF, Jakarta – Sesumbar Mitsubishi mengenai penjualan Xpander sebanyak 100 ribu unit dalam 18 bulan langsung dijawab oleh Toyota. Di tengah ketatnya persaingan mobil low MPV, tampaknya Toyota bersikeras jika kesuksesan Xpander sekarang ini masih jauh di bawah Avanza.

Memang saat acara Media Gathering pada minggu lalu, PT Mitsubishi Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menyatakan jika penjualan Xpander 100 ribu dalam 18 bulan adalah yang tercepat untuk mobil MPV di Indonesia. Low MPV pertama Mitsubishi tersebut pernah mencatat penjualan sebanyak 7.000 unit dalam satu bulan.

Sementara Avanza baru bisa meraih penjualan sebanyak itu di tahun ketiganya. Tapi itu belasan tahun yang lalu.

Untuk itu, Franciscus Soeryopranoto, Executive General Manager PT Toyota Astra Motor (TAM), membalasnya dengan mengatakan jika raihan penjualan Avanza sampai saat ini masih belum dikalahkan siapapun.

Baca juga: Awal Tahun, Avanza Kalah Telak Dari Mitsubishi Xpander

“Kami dari Toyota sebenarnya menganggap Xpander itu belum sukses. Data wholesales bulan-per-bulan menunjukkan Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga pernah membukukan angka sebesar 10.000 – 11.000 pada 2013 dan 2014,” ucap Soeryo melalui pesan singkat (13/3).

xpander bandung
Mitsubishi Xpander digunakan sebagai mobil awak kabin Garuda Indonesia

Ia membandingkan bahwa Xpander hanya mampu terjual dengan angka paling tinggi 7.000-an unit dalam satu bulan. Sementara Avanza dikatakan pernah mengukir rekor penjualan wholesales dalam satu bulan sebanyak 21.000 unit pada 2013.

Berkaca dari data tersebut, Ia mensejajarkan catatan penjualan Xpander dengan kembaran Toyota Avanza yakni Daihatsu Xenia.

Sedangkan untuk mengalahkan rekor mobil sejuta umat tersebut, Xpander dianggap masih terlalu jauh.

“Dia baru setara Xenia di level 7.000-an, belum bisa di atas itu. Jadi belum bisa dibilang sudah mengalahkan penjualan Avanza. Jadi mulai hari ini kami canangkan untuk perang melawan Aavanza killer,” cetusnya.

Baca juga: Penjualan Mitsubishi Xpander Benar-Benar Bungkam Avanza

Persaingan antara Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander di Indonesia memang terbilang sangat ketat. Tercatat pada Januari 2019, Toyota Avanza harus mengakui keunggulan dari Mitsbishi Xpander. Hal ini karena Toyota Avanza hanya terjual sebanyak 5.568 unit sementara Mitsubishi Xpander mencapai 5.708 unit.

Sedangkan pada Februari 2019, berdasarkan data yang kami peroleh penjualan Toyota Avanza berbalik unggul dengan meraih angka 5.700 unit, Mitsubishi Xpander hanya berhasil meraih angka 5.532 unit.

Bila ditotal secara keseluruhan, maka Mitsubishi Xpander hanya meraih 11.240 unit. Sedangkan Toyota Avanza berhasil meraih penjualan sebesar 11.268 atau unggul tipis sebesar 28 unit saja. data bahwa kesuksesan Mitsubishi Xpander masih jauh di bawah Avanza.

LEAVE A REPLY