Toyota Serius Garap Pasar Hybrid dan Listrik di Indonesia

0
Mobil hybrid toyota

ROCKOMOTIF, Jakarta – Toyota mulai serius dalam memasarkan mobil hybrid dan listriknya di Indonesia seiring dengan mulai dikeluarkannya Peraturan Presiden No. 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai. Toyota pun ikut serta dalam pameran kendaraan elektrifikasi bertajuk Indonesia Electric Motor Show (IEMS) yang berlangsung pada tanggal 4-5 September 2019 di Balai Kartini, Jakarta.

Dengan adanya pameran ini target pemerintah adalah di 2030 Indonesia dapat menjadi basis produksi kendaraan elektrifikasi (Electrified Vehicle) untuk pasar domestik maupun ekspor. Toyota Indonesia di IEMS turut berperan aktif dalam popularisasi serta pengembangan industri kendaraan elektrifikasi di Indonesia. 

Tidak tanggung-tanggung, Toyota pun memboyong 4 jenis teknologi dalam pameran ini. Yaitu: C-HR Hybrid Electric Vehicle (HEV), Prius Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), i-ROAD Battery Electric Vehicle (BEV), dan Mirai Fuel-Cell Electric Vehicle (FCEV).

Baca juga: Dicap Mobil Hybrid Mahal, Begini Reaksi Toyota

Di saat pabrikan lain hanya menghadirkan satu sampai dua mobil ramah lingkungan saja. Hal ini tentunya menyiratkan keinginan kuat Toyota dalam meraih pasar mobil berbasis baterai ini. 

“Toyota akan terus berupaya untuk menghadirkan teknologi kendaraan elektrifikasi yang sesuai dengan kebutuhan konsumen di setiap negara termasuk Indonesia. Tidak hanya itu, kami juga memiliki perhatian yang tinggi untuk dapat memberikan sumbangsih dalam pengembangan industri kendaraan elektrifikasi termasuk di dalamnya industri rantai pasok. Sehingga mampu memenuhi permintaan pasar domestik serta berpotensi untuk merambah pasar ekspor karena tren global saat ini adalah menuju kendaraan rendah emisi,” ungkap Warih Andang Tjahjono, Presiden Direktur PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia di sela-sela acara.

Toyota telah memperkenalkan Prius sebagai model HEV perdana yang mengaspal di pasar domestik pada tahun 2009. Selain Prius, juga tersedia ragam pilihan kendaraan berteknologi hibrida di Indonesia. Yaitu: Camry, Alphard serta C-HR yang baru saja diluncurkan pada awal tahun 2019 ini. 

Baca juga: Lesu Peminat, Tampilan Toyota Sienta Direvisi Biar Laku

 “Kami sangat excited bahwa Pemerintah Indonesia mempunyai perhatian serius pada kendaraan elektrifikasi. Guna menjaga lingkungan yang lebih baik di masa depan,” ujar President Director Toyota-Astra Motor, Yoshihiro Nakata.

Kendaraan bermotor listrik, memberikan benefit seperti mengurangi emisi CO2. Di saat yang sama juga mengurangi ketergantungan pada konsumsi bahan bakar. Namun, juga ada beberapa kekhawatiran publik terkait harga yang relatif tidak murah. Kesiapan infrastruktur di berbagai daerah, serta kemudahan penggunaan seperti charging yang cepat.

Menurut Nakata, selain menyiapkan produk dan teknologi, maka dibutuhkan juga kesiapan pasar demi tercapainya roadmap pemerintah di tahun 2025 dengan optimal. Salah satu upaya untuk mendukung kesiapan pasar adalah dengan memberikan banyak informasi kepada masyarakat. Agar tingkat pengetahuan yang baik terhadap kendaraan bermotor listrik. Serta penyiapan infrastruktur pendukung dan jaringan layanan, sehingga hal itu dapat mengurangi kekhawatiran publik.

LEAVE A REPLY