Dua Bulan, Penjualan Xpander Cross Masih Sesuai Target

0
penjualan xpander cross

ROCKOMOTIF, Bali – MPV baru Mitsubishi yang bergaya SUV yaitu Xpander Cross tampaknya masih bisa membuat PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) bernafas lega. Pasalnya penjualan Xpander Cross ini sejak diluncurkan pada 12 November 2019 lalu hingga akhir Januari 2020, terjual sebanyak 3.933 unit atau masih sesuai dengan target MMKSI.

Angka penjualan ini merupakan penjualan ritel yakni angka riil penjualan langsung ke konsumen yang disampaikan langsung oleh Imam Choeru Cahya selaku Head of Sales and Marketing Group PT MMKSI, di Bali (6/2).

“Xpander Cross ini kita launching November ya (12 November). Dan sampai Desember kita sudah jual 2.121 unit. Kemudian di Januari 1.812 unit, jadi total, kurang lebih 3.933 unit,” beber Imam.

penjualan xpander cross

Imam juga menambahkan jika Jabodetabek masih menjadi wilayah terbesar untuk Xpander Cross dengan capaian 39%. Kemudian Jawa TImur 11%, Jawa Barat 9%, Jawa Tengah 5% dan Sumatra 4%.

Baca juga: Tidak Ada Inden Untuk Mitsubishi Xpander Cross

Saat perdana diluncurkan MPV Crossover ini memang ditargetkan dapat menyumbang penjualan Mitsubishi Xpander sebanyak 1.500 sampai 2.000 unit per bulan. Imam pun menjelaskan jika dengan angka penjualan Xpander Cross saat ini sudah memenuhi harapan tersebut.

Menurut Imam lebih lanjut, pasar otomotif di tahun 2020 ini berpotensi naik mengingat ekonomi yang juga tumbuh. Selain itu, kini tren di masyarakat yang menyukai kendaraan dengan tampilan gagah seperti SUV, sesuai dengan langkah MMKSI yang menggelontorkan Xpander Cross.

“Tren itu yang kita tangkap. Makanya, kita bisa masuk dari dua sisi yaitu Low MPV dan Low SUV. Bagi mereka yang ingin transisi dari Low MPV bisa masuk, dan merek yang menginginkan tampilan gagah juga bisa. Artinya, Xpander Cross tidak hanya menjadi pilihan tepat bagi customer di dua sisi itu, tetapi juga bagi yang transisional tersebut. Jadi potensinya besar,” imbuh Imam.

Sementara itu berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) sepanjang tahun 2019 kemarin, Mitsubishi Xpander (termasuk Xpander Cross) terjual sebanyak 62.666 unit. Dengan penjualan sebanyak itu, Xpander berada di peringkat kedua terlaris di bawah Toyota Avanza yang membukukan penjualan sebanyak 86.374 unit.

LEAVE A REPLY