Semua Produk UD Trucks Aman Menggunakan Solar B30

0
UD Trucks biosolar b30

ROCKOMOTIF, Tangerang – Penggunaan bahan bakar biosolar B30 yang akan diwajibkan oleh pemerintah pada tahun ini membuat produsen kendaraan komersial harus melalui serangkaian uji coba. Termasuk UD Trucks selaku penjual truk di Indonesia yang mengaku sudah melakukan ujicoba terhadap produk mereka untuk penggunaan solar B30 ini.

Dari hasil pengujian ini, UD Trucks pun menyatakan jika produk mereka aman menggunakan solar B30 ini. Bahan bakar biodiesel B30 merupakan campuran antara bahan bakar solar dengan minyak kelapa sawit sebesar 30 persen. B30 ini juga merupakan lanjutan dari program pemerintah yang sebelumnya mewajibkan solar B20.

Menurut Aloysius Chrisnoadhi, Direktur Marketing & After Sales PT Astra UD Motor Indonesia pihaknya sudah terlibat dalam pengujian solar B30 ini dan lolos tanpa masalah.

“Kita malah ikut terlibat pengetesan B30 dan lolos, hanya ganti filter saja sudah selesai. Hanya desainnya (filter bahan bakar solar) yang diubah. Semua ini sudah siap,” ujarnya di BSD, Tangerang, Rabu (26/2).

Baca juga: UD Trucks Tantang Sopir Truk Berkendara Cerdas

Chris, sapaan akrab Aloysius Chrisnoadhi ini juga mengatakan jika semua produk UD Trucks ini tetap melakukan pergantian filter setiap 10 ribu km. Tidak ada perubahan dari jadwal servis rutin semula.

“Usianya (filter bahan bakar solar) tetap 10 ribu kilometer, karena sudah didesain ulang. Dan hanya filter saja, untuk perangkat yang lain seperti tangki, saluran bahan bakar, injektor dari awal tak ada masalah. Kalau awalnya seingat saya beda tapi enggak banyak, 8 sampai 9 ribu km. Sebenarnya nggak terlalu punya pengaruh banyak,” jelas Chris.

Sejak awal rencana pemerintah mengenai bahan bakar solar B30 ini, beberapa model UD Truck sudah menjalankan uji tes B30 selama 149 hari di wilayah Jawa Barat. Pengujian ini mencapai jarak tempuh 40.000 km mulai dari Lembang, Karawang, Cipali, Subang dan kembali lagi ke Lembang.

Produk dari UD Trucks sendiri di Indonesia sendiri ada dua model yaitu Kuzer untuk medium duty truck dan Quester untuk heavy duty truck. Semua model UD Trucks ini dijamin aman menenggak biosolar B30.

LEAVE A REPLY