Tol Cipularang Longsor, Polisi Lakukan Rekayasa Lalu Lintas

0
Tol Cipularang Longsor
SuzukiGIIAS

ROCKOMOTIF, Jakarta – Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri melakukan rekayasa lalu lintas, karena titik longsor Km 118. ruas tol Cipularang hanya berjarak kurang dari 10 meter dari bahu jalan. Dikhawatirkan akan mengganggu kelancaran di sekitar jalan tersebut.

Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono mengatakan, rekayasa lalu lintas ini dilakukan agar pengemudi tetap aman. Dan kondisi di sekitar jalan itu tidak terganggu akibat longsor yang terjadi.

“Hanya diberlakukan yang menuju ke arah Jakarta, arah sebaliknya (ke Bandung) tetap normal,” ungkap Istiono di Jakarta, Rabu (19/2/2020).

Berikut rencana rekayasa lalu lintas Km 118.600 Tol Cipularang:

Alternatif 1 pengalihan arus lalin dari Bandung ke Jakarta.

Kendaraan kecil golongan I dan bus tetap menggunakan jalur tol Purbaleunyi.

Kendaraan golongan II s/d V dikeluarkan di GT Padalarang Timur – diputarkan di kota baru Parahyangan – Padalarang – Cikalong Wetan – GT. Jatiluhur – Jakarta.

Alternatif 2 dari Bandung ke Jakarta

Kendaraan kecil golongan I dan bus tetap menggunakan jalur tol Purbaleunyi.

Kendaraan golongan II s/d V yang tidak bisa melalui jalur tol Purbaleunyi dialihkan melalui Padalarang – Cipatat – Cianjur – Puncak – Ciawi menuju Jakarta.

Alternatif 3 dari Bandung ke Jakarta

Seluruh Kendaraan tetap menggunakan jalur tol Purbaleunyi.
Kendaraan kecil golongan I yang mengarah Jakarta masuk sodetan di KM 124 s/d Km 115.800 untuk dilaksanakan contraflow jalur A.

Kendaraan besar golongan II s/d V tetap menggunakan jalur B di lajur 2 s/d melintas lokasi TKP Longsor. Kendaraan dari arah Jakarta menuju Bandung semua golongan tetap menggunakan jalur A tanpa contraflow (menggunakan bahu jalan dan lajur lambat s.d Km 124).

“Jika arus padat, kendaraan diimbau ambil jalur Subang,” tutup Istiono.

SuzukiGIIAS

LEAVE A REPLY