Xenia Sekarang Bukan Andalan Daihatsu Lagi

0
Daihatsu xenia

ROCKOMOTIF, Jakarta – Daihatsu Xenia sempat menjadi andalan penjualan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) di Indonesia. Seiring berjalannya waktu dan tren, taji low multi purpose vehicle (LMPV) jagoan Daihatsu itu pun mulai redup, sampai kini berhasil digantikan oleh Sigra.

Model low cost green car (LCGC) 7-penumpang itu kini yang menjadi pengganti Xenia. Buktinya, sepanjang tahun 2019 kontribusi penjualan Daihatsu Sigra mencapai 29%. Sedangkan Daihatsu Xenia, hanya 16%.

Alibi Direktur Pemasaran PT ADM Amelia Tjandra, kondisi itu terutama tahun lalu karena fokus memenuhi permintaan ekspor yang diklaim tumbuh signifikan. Serta hadirnya model baru Terios dan Rush.

“Jadi kita fokus ke sana dulu, karena permintaan ekspor lebih besar,” ujar wanita yang akrab disapa Amel di Jakarta belum lama ini.

Baca juga: Daihatsu Recall Puluhan Ribu Gran Max dan Luxio Baru

Mengacu pada data Gaikindo, penjualan ritel Daihatsu Xenia juga terjun bebas, yakni dari 36.948 unit pad tahun 2017 menjadi 30.418 unit pada tahun 2018. Alhasil, kontribusi terhadap penjualan juga menyusut dari 21% pada tahun 2017 menjadi 15% di tahun 2018.

Selanjutnya, untuk penjualan ritel Daihatsu yang dibukukan PT ADM sepanjang tahun 2019 kemarin mencapai 177.558 unit. Hasil itu juga ambles dibanding tahun 2018 lalu.

Data Gaikindo menunjukan di tahun 2018 penjualan ritel Daihatsu masih bisa sebanyak 200.178 unit.

Bukan hanya tahun lalu, tetapi tahun 2018 juga Daihatsu Sigra sudah tampil sebagai tulang punggung penjualan Daihatsu Indonesia menggantikan Daihatsu Xenia. Saat itu, mobil murah ini terjual (ritel) sebanyak 50.682 unit atau 25% dari total penjualan.

Kalau alesannya cuma karena memenuhi permintaan ekspor, sepertinya kurang tepat. Sebab Daihatsu sendiri mempunyai fasilitas perakitan mobil terbesar di Indonesia dengan kapasitas lebih dari 500 ribu unit per tahun juga menghasilkan banyak produk Toyota.

Selain Xenia dan Avanza, Daihatsu juga memproduksi model kembar lainnya. Yakni Daihatsu Terios/Toyota Rush, Daihatsu Sigra/Toyota Calya, Daihatsu Ayla/Toyota Agya.

LEAVE A REPLY