Selama PSBB, Mobil Kelebihan Penumpang Bakal Didenda Rp 100 Juta?

0
psbb jakarta melanggar denda 100 juta

ROCKOMOTIF, Jakarta – Sejumlah aturan lalu lintas telah disiapkan selama penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI Jakarta. Salah satunya, yaitu pembatasan jumlah penumpang di mobil pribadi, mulai sedan hingga MPV.

Mobil jenis sedan hanya diperbolehkan membawa total tiga orang dengan satu pengemudi. Sedangkan MPV empat orang dengan catatan tidak ada yang duduk di bagian depan kecuali sopir.

Apabila selama penerapan PSBB Jakarta ini ada mobil yang kelebihan muatan, apakah akan langsung dikenakan denda Rp 100 juta, sesuai dengan aturan yang berlaku?

Ketika dihubungi Rockomotif, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan, jumlah penumpang mobil dibatasi sesuai dengan Pergub Nomor 33 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan PSBB.

Baca juga: Gelar Razia Selama PSBB Jakarta, Ini Lokasi Lengkapnya

“Misalkan sedan hanya boleh diisi tiga orang, dengan posisi duduk satu di depan dan dua di belakang. Semuanya wajib mengenakan masker,” tutur Yusri, Sabtu (11/4/2020).

Yusri melanjutkan, apabila ditemukan ada mobil dengan penumpang melebihi batas ketentuan, maka diminta untuk turun. Sehingga mobil tetap bisa melanjutkan perjalanan atau justru putar balik lagi tidak boleh melanjutkan perjalanan ke Jakrta.

“Jika lebih dari ketentuan, misalkan mobil sedan harusnya tiga diisi lebih dari itu ya penumpangnya harus turun atau memutar balik dulu. Kalau tidak kami akan larang untuk masuk ke Jakarta,” ujar dia.

Selain itu, jika nantinya ditemukan ada pengendara yang masih melanggar, maka akan diberikan teguran dan diminta untuk mengikuti aturan yang sudah ditetapkan.

“Kalau kami menemukan ada yang melanggar kami tegur. Untuk penindakan berupa penjara satu tahun atau denda Rp 100 juta belum kami terapkan,” tutup dia.

LEAVE A REPLY