MotoGP: Fabio Quartararo Berjaya, Marc Marquez Nelangsa

0
fabio quartararo motogp 2020
SuzukiGIIAS

ROCKOMOTIF, Spanyol – Pembalap Petronas Yamaha, Fabio Quartararo, sukses menutup seri perdana MotoGP yang berlangsung di Jerez, Spanyol, dengan menempati podium pertama. Keberhasilan tersebut, sudah terlihat sejak sesi kualifikasi, di mana ia menyabet pole position mengalahkan Maverick Vinales (Yamaha) dan Marc Marquez (Honda), yang ada di posisi kedua dan ketiga.

Saat lampu start dipadamkan, Quartararo kalah cepat dari Vinales dan Marquez. Bahkan, dengan Jack Miller (Ducati), ia juga kalah start dan merosot ke posisi empat. Saat itu, Vinales mengambil alih posisi terdepan yang diikuti oleh Marquez di posisi kedua.

Apes bagi Marquez yang tampil dominan, ia overshoot dan masuk gravel di awal balapan. Sehingga yang tadinya ia memimpin balapan karena berhasil mengovertake Vinales, akibat insiden tersebut langsung merosot ke posisi buncit. Vinales kembali mengambil alih jalannya balapan.

Perlahan tapi pasti, Quartararo terus menggempur pertahanan lawannya yang ada di depan, mulai dari duel dengan Jack Miller, sampai memanfaatkan kesalahan Vinales yang hampir jatuh saat sama-sama cornering. Quartararo sukses mengambil posisi pertama, dan semakin tak terkejar sampai akhir balapan.

Baca juga: Marc Marquez Siap Pertahankan Gelar Juara Dunia MotoGP 2020

Marquez terus membangun kepercayaan dirinya dengan melewati satu persatu lawan yang ada di depan. Dalam beberapa lap, Juara Dunia 2019 ini akhirnya berada di posisi ketiga, tepat di belakang Vinales. Saat beradu strategi, nasib sial terus menggelayuti Marquez di Jerez, Spanyol. Ia terjatuh di lubang yang sama, namun kali ini motornya hancur dan tidak bisa menuntaskan balapan.

“Itu adalah balapan yang luar biasa dan kami sangat konsisten meskipun lintasannya sangat buruk. Ada sangat sedikit cengkeraman dan bannya jatuh begitu cepat,” jelas Quartararo, usai menyabet podium pertamanya di ajang MotoGP.

Atas keberhasilan tersebut, Quartararo berhak dengan perolehan 25 poin dan memimpin sementara klasemen MotoGP 2020.

Berikut hasil balap MotoGP Jerez 2020:

1 Fabio Quartararo FRA Petronas Yamaha (YZR-M1)
2 Maverick Vinales SPA Monster Yamaha (YZR-M1)
3 Andrea Dovizioso ITA Ducati Team (GP20)
4 Jack Miller AUS Pramac Ducati (GP20)
5 Franco Morbidelli ITA Petronas Yamaha (YZR-M1)
6 Pol Espargaro SPA Red Bull KTM Factory (RC16)
7 Francesco Bagnaia ITA Pramac Ducati (GP19)
8 Miguel Oliveira POR Red Bull KTM Tech3 (RC16)
9 Danilo Petrucci ITA Ducati Team (GP20)
10 Takaaki Nakagami JPN LCR Honda (RC213V)
11 Johann Zarco FRA Reale Avintia Ducati (GP19)
12 Alex Marquez SPA Repsol Honda (RC213V)
13 Brad Binder RSA Red Bull KTM Factory (RC16)
14 Tito Rabat SPA Reale Avintia Ducati (GP19)
15 Bradley Smith GBR Factory Aprilia Gresini (RS-GP)

SuzukiGIIAS

LEAVE A REPLY