Tilang Elektronik Bakal Diterapkan di Seluruh Indonesia, Ini Kata Pengamat Transportasi

0
kamera tilang elektronik etle

ROCKOMOTIF, Jakarta – Calon tunggal Kapolri Komjen Listyo Sigit menargetkan apabila terpilih akan mencanangkan program tilang elektronik (e-tle) di seluruh wilayah Indonesia. Tujuannya, agar tidak ada lagi kecurangan dan polisi lalu lintas hanya fokus mengatur lalu lintas.

“Penindakan pelanggaran lalu lintas, secara bertahap akan mengedepankan mekanisme penegakkan hukum berbasis elektronik atau biasa disebut e-TLE. Yang bertujuan mengurangi interaksi dalam proses penilangan. Guna menghindari terjadinya penyimpangan saat anggota melaksanakan proses tersebut,” jelas Listyo Sigit di Gedung DPR MPR, Jakarta, Rabu, 20 Januari 2021.

Menanggapi hal itu, Budiyanto sebagai pengamat transportasi mengatakan, dia sangat setuju dengan wacana tersebut. Karena tidak ada lagi tebang pilih dalam melakukan tilang.

Baca juga: Program Calon Kapolri Listyo Sigit, Perluas Tilang Elektronik

“Kalau sudah elektronik semua, mau siapa yang melanggar aturan lalu lintas akan kena tilang. Tidak ada yang dibeda-bedakan,” ungkap Budiyanto saat dihubungi di Jakarta belum lama ini.

Budiyanto menambahkan, dia juga setuju dengan Polantas yang bertugas di lapangan hanya mengatur lalu lintas saja, tidak melakukan penilangan. Tujuannya untuk mengantisipasi penyimpangan-penyimpangan yang dilakukan anggota saat proses penilangan secara langsung.

“Semoga rencannya bisa segera direalisasikan agar citra polisi lebih baik lagi di masa yang akan datang,” tuntas Budiyanto.

LEAVE A REPLY