Tilang Elektronik Bakal Diterapkan di Jabar, Bandung dan Cirebon Lebih Awal

0
tilang elektronik psbb jakarta

ROCKOMOTIF, Jakarta – Seluruh Polda merespon rencana Kapolri baru dalam memperluas tilang elektronik (electronic traffic law enforcement/ETLE). Salah satu wilayah yang akan menerapkan, yakni Polda Jawa Barat.

Direktur Lalu Lintas Polda Jabar Kombes Eddy Djunaedi mengatakan, saat ini sedang mempersiapkan sejumlah sarana dan prasarana guna melaksanakan tilang elektronik atau e-TLE. Sejumlah personel pun telah dilatih untuk mengaplikasikan e-TLE.

“Software dan perangkat kerasnya sedang disiapkan. Termasuk pelatihan anggota. Di beberapa daerah infrastrukturnya sudah siap,” jelas Eddy di Bandung, Senin (1/2/2021).

Baca juga: Maret 2021 Tilang Elektronik Bakal Berlaku di 19 Provinsi

Menurut dia, pelaksanaan e-TLE ini untuk tahap awal belum serentak diberlakukan di seluruh daerah di Jabar. Menurutnya, untuk e-TLE ini kemungkinan akan diberlakukan di dua daerah terlebih dahulu, yakni Kota Bandung dan Kota Cirebon.

“Di sejumlah ruas jalan tertentu yang sudah dilengkapi CCTV. Karena belum semua ruas jalan dilengkapi infrastrukturnya, jadi untuk beberapa ruas jalan dulu. Ke depan bisa dikembangkan,” ucap Eddy.

Eddy melanjutkan, saat ini Polda Jabar tengah memfinalisasikan sejumlah sarana dan prasarana untuk penerapan e-TLE ini. Untuk pemberlakuannya, kata dia, kemungkinan akan dijalankan dalam waktu dekat.

“Saat ini masih progres. Semoga sebulan lagi sudah selesai dan bisa di launching,” tutup Eddy.

LEAVE A REPLY