Kamera Tilang Portable Mulai Diuji Coba Pada Petugas Kepolisian

0
Kamera tilang polisi
Patroli kepolisian (Foto/AntaraNews)

ROCKOMOTIF, Jakarta – Penerapan tilang elektronik tidak hanya memanfaatkan CCTV pada ruas jalan. Tetapi, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, akan membekali para petugas dengan kamera tilang portable.

Sebelumnya, sempat beredar video teaser yang menampilkan petugas menggunakan kamera tilang portable. Jadi, petugas kepolisian akan dibekali dengan kamera portable yang di tempatkan di beberapa tempat seperti helm, dashboard atau badan petugas untuk merekam aksi pelanggaran yang dilakukan oleh masyarakat.

Hal ini diungkapkan langsung oleh Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo, dalam keterangan resminya. Ia menyebutkan bahwa kamera tilang ini nantinya akan terkoneksi dengan database pihak kepolisian.

Baca juga: Lagi Viral, Helm Polisi Dipasang Kamera untuk Tilang Pengguna Kendaraan

“Ya nanti untuk ETLE portable, nanti kita masih taraf uji coba. Bentuknya bisa helmet cam, bisa dash cam dan bisa body cam. Nah nanti yang ini yang sedang kita coba, karena kita berharap helmet, dash dan body cam ini kemudian bisa langsung terhubung dengan database ranmor dan juga bisa terhubung dengan TMC,” jelas Sambodo.

Kamera ETLE portable itu juga dapat melihat situasi pada saat adanya aksi unjuk rasa.

“Jadi nanti situasi lalu lintas ketika unjuk rasa, anggota tinggal pasang body cam-nya, kemudian apa yang terjadi situasi unjuk rasa itu kemudian bisa langsung terpantau di Traffic Management Centre yang ada di Polda,” tandasnya.

Pemasangan ETLE portable tersebut rencananya bakal dilaunching pada 23 Maret 2021 berbarengan dengan launching ETLE secara nasional.

LEAVE A REPLY