H-1 Lebaran, Polisi Perketat Penjagaan di Posko Penyekatan Mudik

0
pembatasan mudik kakorlantas

ROCKOMOTIF, Jakarta – Menjelang H-1 hari Raya Idul Fitri 1442 H, Korlantas Polri beserta instansi terkait memperketat penjagaan di posko penyekatan mudik. Langkah ini dilakukan agar tidak ada pemudik yang lolos sampai ke kota tujuannya.

Informasi itu disampaikan langsung oleh Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono. Menurut dia, meskipun ada pemudik yang lolos di penyekatan akan berhadapan dengan pos penyekatan berikutnya. Oleh karena itu, ia meminta masyarakat untuk lebih baik mengurungkan niat mudik apabila tidak ingin diputarbalikkan.

“Langkah cara bertindak kita di lapangan adalah kita alirkan supaya diterima oleh pos-pos penyekatan berikutnya yang memang sudah kita bangun berlapis-lapis di Jakarta sampai Jawa tengah hingga Jawa timur. Itu bagian dari dinamika yang harus kita kelola selama 24 jam untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19 semaksimal mungkin,” jelas Istiono.

Baca juga: Ribuan Unit Kendaraan Diputar Balik karena Terindikasi Mudik Lebaran

Istiono menjelaskan, selama melakukan pemantauan lalu lintas di jalur menuju Jawa Tengah, terpantau kondisi lalu lintas hanya didominasi oleh angkutan barang maupun logistik.

Selebihnya kendaraan pribadi yang memang memiliki kepentingan untuk melakukan perjalanan sebagaimana SE Satgas COVID-19.

“Dominasi kendaraan yang lewat itu di dominasi angkutan barang. Langkah-langkah putar balik arah untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19 ini selama 5 hari 150 ribu,” tutup Istiono.

Penjagaan akan terus diperketat agar tidak ada lagi masyarakat yang pulang ke kampung halamannya untuk kondisi sekarang ini. Apabila ada yang berpotensi untuk mudik, maka kendaraan tersebut akan diminta untuk putar balik. (ana)

LEAVE A REPLY