Pemesanan Mobil Honda Mengalami Penurunan Dampak Relaksasi PPnBM yang Belum Jelas

0
PPnBM tahun 2022 memengaruhi pemesanan mobil Honda
PPnBM tahun 2022 memengaruhi pemesanan mobil Honda

ROCKOMOTIF, Semarang – Keinginan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) untuk memperpanjang periode PPnBM tahun 2022 rupanya memilili pengaruh terhadap pemesanan mobil baru.

Dengan adanya relaksasi PPnBM dari pemerintah, beberapa model Honda di Indonesia memang menikmati regulasi tersebut. Sehingga, harga yang ditawarkan tersebut mendapatkan subsidi dari pemerintah yang membuat konsumen tertarik.

Namun, setelah keinginan Kemenperin untuk memperpanjang PPnBM tahun 2022 belum mendapat restu dari pemerintah. Pasalnya, hingga saat ini regulasi tersebut belum diketuk palu dan keputusan masih dinanti-nantikan oleh industri otomotif.

Hal ini dirasakan betul oleh PT Honda Prospect Motor, karena pada awal tahun 2022 pemesanan terkait model mereka yang sebelumnya mendapatkan relaksasi PPnBM mengalami penurunan.

Yusak Billy, Business Innovation and Sales Marketing Director PT Honda Prospect Motor, menjelaskan jika dibandingkan dengan pemesanan kendaraan pada periode Desember 2021 mengalami penurunan yang cukup signifikan.

“Terus terang pemesanan (mobil baru Honda) hingga tanggal 9 Januari 2022 dibandingkan periode tanggal ( 9 Desember 2021) itu drop sampai 50 persen,” jelas Billy, di sela-sela Media Test Drive All New Honda BR-V di Cirebon, Selasa (11/1/2022).

Kondisi regulasi tersebut juga diperparah dengan adanya kebijakan baru terkait pajak emisi kendaraan sejak 16 Oktober 2021 lalu. Dengan adanya hal tersebut, membuat harga kendaraan terkerek dari harga sebelumnya.

“HR-V dulu kan 100 persen diskonnya, CR-V juga. Makanya kenapa naik harganya sangat tinggi, karena tadinya kita 0 persen persen pajaknya sekarang jadi 15 sampai 20 persen berdasarkan skema pajak emisi,” tambah Yusak.

Melihat situasi dan kondisi tersebut, membuat konsumen masih menahan diri untuk melakukan pembelian mobil sampai ada kejelasan terkait relaksasi PPnBM dari pemerintah.

LEAVE A REPLY