Bikers Wajib Tahu! Oli Gardan Motor Matik Juga Harus Diganti

0
Penggantian oli gardan juga harus diperhatikan untuk motor matik
Penggantian oli gardan juga harus diperhatikan untuk motor matik

ROCKOMOTIF, Jakarta – Selain pelumas mesin, untuk motor matic penggantian oli gardan juga harus diperhatikan periodiknya agar tarikan skutik menjadi lebih optimal di segala medan.

Penggantian oli gardan ini memang kerap luput dari pemilik. Mereka beranggapan bahwa hanya pelumas mesin yang harus diperhatikan. Namun pada kenyataannya, hal tersebut harus ditopang dengan perawatan lainnya.

Selain itu, dalam prosesnya motor matik ini juga tidak bisa disamakan dengan menggunakan pelumas mesin. Ini dikarenakan komposisi yang diracik serta cara kerja pelumas tersebut ada perbedaan.

Untuk memberikan performa motor yang lebih maksimal di segala medan, pemilik mobil juga harus memperhatikan periodiknya dengan sangat baik agar motor tidak kehilangan performanya.

“Durasi bisa melihat dari panduan yang ada di manual book, biasanya antara 8.000 – 10.000 km tergantung jenis motor nya. Namun kadangkala ada juga mekanik yang menyarankan menggunakan perbandingan 2:1. Biasanya ini hanya untuk memudahkan agar pengendara tidak lupa kapan terakhir ke bengkel atau ganti oli,” jelas Brahma Putra Mahayana, Technical Specialist PT. Pertamina Lubricants.

Adapun fungsi dari pelumas tersebut memiliki peran penting. Di mana salah satu manfaat penggantian oli gardan motor matik adalah bisa mengoptimalkan cara kerja transmisi. Sedangkan fungsi penting lainnya adalah membuat pergerakan transmisi menjadi lebih halus.

Apabila dalam kurun waktu tertentu penggantian oli gardan motor matik tidak diganti, akan ada dampak negatif yang akan dirasakan oleh pemilik kendaraan tersebut.

“Ini dikarenakan oli gardan matic tersebut viskositasnya sudah berubah dari semestinya, bisa lebih kental atau lebih encer, atau mungkin sudah terkontaminasi oleh air, debu, atau partikel-partikel logam lain. Selain itu, getaran juga timbul lantaran pelumasan pada bagian CVT tidak berjalan sempurna,” tambah Brahma.

Guna memberikan kenyamanan kepada pemilik skuter matik, salah satu produk yang dianjurkan adalah Enduro Gear Matic. Oli transmisi dari PT Pertamina Lubricants (PTPL) dengan spesifikasi SAE 20W 40 ini dibuat berbasiskan oli sintetis dan formulasi aditif Extreme Pressure. Artinya, konsistensi performa oli dapat terjaga meski kekentalan oli pada suhu panas.

“Enduro Gear Matic punya spesifikasi SAE 20W-40 yang dikembangkan dari oli sintetis dengan aditif Extreme Pressure sehingga dapat menjaga kekentalan oli dan melindungi gear dari gesekan berlebih dalam suhu panas yang ekstrem sekalipun. Oli gardan ini juga punya kelebihan yang bisa mencegah air menempel pada komponen CVT sehingga mencegah risiko terjadi karat,” ujar Brahma lebih lanjut.

Enduro Gear Matic kemasan 120 ml juga dirancang melindungi komponen penggerak roda secara maksimal. Produk ini mampu menjaga gigi-gigi penggerak terus terlumasi oli dan melindunginya dari menempelnya air ke bagian tersebut.

LEAVE A REPLY