Uji Tabrak Toyota All New Veloz Dapat Bintang 5 dari ASEAN NCAP

0
toyota veloz asean ncap

ROCKOMOTIF, Jakarta – Toyota All New Veloz berhasil mendapat predikat bintang 5 untuk uji tabrak dari The New Car Assessment Program for South East Asian Countries (ASEAN NCAP). Mobil low MPV yang dirilis akhir tahun lalu memang sudah mengusung fitur canggih berkat hadirnya piranti Toyota Safety Sense (TSS) di tipe tertingginya yaitu Veloz Q CVT TSS.

All New Veloz juga menjadi model Toyota pertama yang diuji oleh ASEAN NCAP menggunakan protokol terbaru 2021 – 2025. Di dalam protocol baru ini, ada empat (4) kategori pengujian di mana All New Veloz berhasil mencatatkan 34,88 poin pada kategori Adult Occupant Protection (AOP). 17,17 poin untuk kategori Child Occupant Protection (COP), 16,03 poin pada kategori Safety Assist (SAT) dan 11,92 poin untuk kategori Motorcyclist Safety (MS).

Tapi ternyata untuk hasil raihan bintang 5 ini unit yang diuji bukanlah tipe tertinggi dari All New Veloz, melainkan tipe yang dibawahnya. Hal ini dungkapkan oleh Anton Jimmi Suwandy saat acara Safe Jakarta yang menguji fitur-fitur dari TSS yang ada di Veloz pada Kamis (30/6/2022). Menurut Anton hal ini membuktikan jika fitur keselamatan yang ada di Veloz terbaru ini sudah cukup memadai meskipun bukan di tipe tertinggi yang memiliki fitur TSS.

Baca juga: Fitur TSS di Toyota Veloz Bisa Ngerem Sendiri, Pahami Dulu Cara Kerjanya

“Saya sangat senang Toyota Veloz ini berhasil mendapat 5-star dari ASEAN NCAP, padahal yang diuji oleh mereka itu adalah varian Veloz yang tanpa TSS. Ini berarti Veloz yang dilengkapi dengan TSS lebih aman lagi,” beber Anton.

Toyota Veloz bersama dengan Avanza generasi terbaru sendiri masih merajai penjualan Toyota di tahun 2022 ini, dan menurut Anton untuk tipe dengan TSS mendapat porsi sebesar 35% dari total penjualan Veloz di Indonesia.

toyota veloz tss

Toyota Safety Sense di All New Veloz

TSS merupakan seperangkat fitur keselamatan aktif yang dikembangkan untuk mengurangi kecelakaan sesuai dengan konsep supporting drivers. Obyektifnya adalah untuk membantu pengemudi agar dapat berkendara dengan aman dan nyaman di segala kondisi jalan.

Pada saat yang sama mengurangi potensi kerusakan mobil serta cidera parah pada penumpang dan pengguna jalan lainnya jika kecelakaan tidak dapat dihindari.

TSS menggunakan kamera lensa tunggal dan radar canggih untuk mencegah kecelakaan, mengurangi korban kecelakaan, dan memberikan assist kepada pengemudi di jalan.

Sistemnya akan memberikan alarm peringatan bahaya dalam bentuk grafis atau suara, bahkan dapat melakukan intervensi pada kemudi, pedal akselerator, dan pedal rem ketika dideteksi tabrakan sudah tidak dapat dihindari untuk menekan korban jiwa dan kerusakan kendaraan.

uji tabrak toyota veloz ncap

Baca juga: Mobil-Mobil Toyota Raih 5 Bintang di ASEAN NCAP, Ini Alasannya

TSS pada All New Veloz terdiri dari empat (4) fitur keselamatan. Fitur pertama adalah Pre-Collision Warning and Pre-Collision Braking yang mengandalkan sistem radar yang dirancang untuk membantu mengurangi risiko tabrakan dengan kendaraan lain di depan dengan memberikan daya pengereman, bahkan hingga berhenti darurat jika diperlukan.

Lalu ada fitur Pedal Misoperation Control yang mengurangi potensi kecelakaan akibat salah menginjak pedal gas, dengan menyetel alarm peringatan, menerapkan pengereman, dan membatasi distribusi tenaga agar mobil melambat.

Fitur ketiga adalah Lane Departure Warning and Lane Departure Prevention yang membantu mencegah mobil berpindah jalur secara tidak sengaja di jalan, dengan memberikan suara alarm saat mobil bergerak menyamping di jalan lurus.

Dan yang terakhir namun tidak kalah penting adalah Front Departure Alert yang memberikan peringatan yang dapat didengar ketika mobil di depan tiba-tiba bergerak mendekat saat sedang mengantri di tengah kemacetan.

LEAVE A REPLY