Jatuh Cinta Berpetualang dengan Aprilia SR-GT 200

0
Review Aprilia SR-GT 200
Review Aprilia SR-GT 200 untuk teman liputan ke Sirkuit Internasional Sentul

ROCKOMOTIF, Jakarta – Setelah mendapatkan unit test ride, berikut hasil review Aprilia SR-GT 200 yang dilakukan tim ROCKOMOTIF.

Tampilan skuter matik asal Italia ini memang mengusung desain yang berbeda lantaran hadir dengan mengusung tema urban adventure yang kental. Hal ini terlihat dari penggunaan windshield yang cukup tinggi, desain setang lebih lebar dan sedikit lebih tinggi, ground clearance yang mumpuni serta penggunaan ban semi pacul.

Saat kami melakukan review Aprilia SR-GT 200, motor ini kami bawa ke Sirkuit Internasional Sentul, yang berada di Bogor, Jawa Barat, pada 4 September 2022 untuk melakukan kegiatan peliputan Indonesia Sentul Series of Motorsport (ISSOM), salah satu agenda balap paling bergengsi di Tanah Air.

Sepanjang mendokumentasikan balapan tersebut, motor yang dibanderol dengan harga mulai dari Rp 60 jutaan, mampu menaklukan berbagai medan, mulai dari kontur aspal, berbatu serta tanah sekalipun. Hal ini ditopang oleh kemampuan terbaik dari sektor suspensi depan dan belakang, ground clearance, serta penggunaan ban semi off road.

Review Aprilia SR-GT 200 ini juga memberikan kenikmatan dari sisi tenaga yang dihasilkan. Secara spesifikasi, skuter matik adventure ini dibekali dengan mesin berteknologi i-get bersilinder tunggal dengan kubikasi 175 cc. Bicara tenaga yang dihasilkan, menurut klaim pabrikan mampu memproduksi 17,4 hp dan torsi puncak 16,5 Nm.

Review Aprilia SR-GT 200
Informasi pada speedometer menyajikan beberapa instrumen

Saat berkendara dengan motor ini, aliran tenaga yang dihasilkan dari ruang mesin tadi seperti terkonversi menjadi Dopamin, hormon kebahagiaan yang menjadi penyulut untuk terus berkendara dengan skuter matik ini. Dampaknya, efek Dopamin yang saya rasakan mampu membuat puntiran gas seperti tidak ada habisnya, sehingga terus memacu adrenalin saya untuk menggeber motor ini lebih agresif lagi.

Tak terasa, saat review Aprilia SR-GT 200, kondisi jalan memungkinkan untuk menggeber motor ini, angka di speedometer digital sudah menunjukkan 115 kpj. Hal ini menjadi sebuah kode bagi saya untuk melakukan deselerasi, agar tetap berkendara dengan selamat.

Kenyamanan yang ditawarkan oleh pabrikan untuk setiap konsumennya juga masih bisa diacungi jempol. Settingan suspensi belakang begitu mumpuni untuk seorang diri. Namun jika ingin berpergian dengan membawa satu penumpang, maka harus ada penyetelan suspensi terlebih dahulu agar shockbreaker tidak ambles.

Desain ergonomis yang ditawarkan pada desain jok, memang begitu berpengaruh sepanjang perjalanan dan memberikan esensi dalam review Aprilia SR-GT 200. Busa yang empuk serta bentuk yang dapat menopang duduk dengan sangat baik, turut menjadi salah satu hal yang menyenangkan saat berkendara motor ini.

Review Aprilia SR-GT 200Bicara kenyamanan, saat review Aprlia SR-GT Sport 200 saya juga dimanjakan dengan informasi yang tersedia di panel depan. Beberapa suguhan seperti indikator fuel meter, speedometer, jarak tempuh (kilometer), kecepatan rata-rata, konsumsi BBM rata-rata, tingkat voltase kelistrikan, jam, serta Trip A dan Trip B, bisa disetel dengan mudah melalui tombol mode yang ada di sebelah kiri.

Pada motor ini, pabrikan juga telah menyematkan informasi kecepatan maksimum yang pernah dikemas oleh pengendaranya. Hal ini terlihat saat tombol mode ditekan dua kali, maka informasi tersebut akan tersaji. Jadi, dengan adanya hal ini pemilik kendaraan dapat mengetahui berapa kecepatan maksimum yang pernah ditempuh dengan skuter matik tersebut.

Dengan kapasitas mesin yang terbilang besar, rasanya untuk menghitung berapa efisiensi bahan bakarnya bukan hal yang penting. Namun, bagi pemilik yang nantinya ingin mengetahui seberapa irit atau boros, ada informasi yang disajikan pada panel instrumen tersebut.

Saat kami review Aprilia SR-GT Sport 200 ini, efisiensi bahan bakarnya mencapai 27 kilometer per liter. Ini untuk penggunaan dalam kota dan mobilitas harian dengan menggunakan bahan bakar RON 95.

Review Aprilia SR-GT 200
Dibekali airscoop di bagian samping untuk mengalirkan udara

Hal lain yang membuat motor ini cukup menggoda adalah desain bagian depannya, di mana ada lekukan airscoop yang mengalirkan udara dari depan ke bagian samping. Desain tersebut terlihat seperti celah di sisi sayap depan kanan dan kiri.

Sedangkan fitur atau keunggulan yang ditawarkan oleh pabrikan adalah kapasitas penyimpanan yang terdapat di bawah jok. Saat mencobanya, helm full face bisa masuk ke bagasi dengan sangat baik. Tetapi, jika helm tersebut menggunakan intercom, maka akan sedikit kesulitan memasukkannya di sisi samping.

Sebagai penutup, untuk seukuran motor skutik adventure, penulis menyimpulkan model ini bisa menjadi teman sehari-hari dalam mobilitas. Namun, untuk lebih mendapatkan esensi berkendara yang lebih terasa, ada kalanya skuter adventure ini diajak berpetualang ke alam luar untuk lebih merasakan sensasi berkendaranya.

Review Aprilia SR-GT 200
Settingan suspensi belakang mampu menopang berkendara dengan sangat baik

LEAVE A REPLY