Belum Mau Buka Franchise, Begini Alasan Planet Ban

0
Alasan Toko Planet Ban enggan bekerjasama lewat sistem franchise
Alasan Toko Planet Ban enggan bekerjasama lewat sistem franchise

ROCKOMOTIF, Jakarta – Keberadaan Toko Planet Ban di Indonesia memberikan warna baru bagi kebutuhan para pemilik sepeda motor. Saat ini, mereka tidak hanya menyediakan keperluan sebatas ban saja, tetapi juga perawatan kendaraan.

Untuk keperluan tersebut, di setiap gerai juga telah menyediakan beberapa produk seperti pelumas mesin, pelumas gardan, kampas rem, dan lain sebagainya.

Saat ini, Toko Planet Ban tercatat sudah ada sebanyak 1.000 outlet yang tersebar di Pulau Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan, Bali dan Papua. Meski telah memiliki jaringan sebanyak itu, namun PT Surganya Motor Indonesia belum berencana untuk menjadikan bisnis tersebut sebagai franchise kepada masyrakat yang menginginkannya.

Deden Hendra Sakti, Chief Operations Officer Planet Ban menjelaskan mengapa pihaknya belum memutuskan untuk menjadikan usahanya tersebut sebagai waralaba.

“Kami sangat concern terhadap standarisasi operasional dan hasil layanan. Jadi konsep waralaba itu apakah akan dikembangkan atau tidak? Konsep kami ada, tapi kami tidak dorong begitu luar biasa,” buka Deden, beberapa waktu lalu di Jakarta.

Menurutnya, dalam menjaga kualitas kepada konsumen setianya, Toko Planet Ban harus memiliki standar yang sama di setiap gerainya.

“Karena untuk menjaga layanan, kualitas layanan itu kami sangat kuat dengan catatan kami masih mengusung on store sehingga pengembangan dari kami atau on store langsung,” tambah Deden.

Sementara itu, Andi Harjoko, Chief Executive Officer Planet Ban, sejatinya Toko Planet Ban terbuka untuk setiap kerjasama yang terjalin dengan pihak eksternal. Namun memang pihaknya sangat ketat akan hal tersebut.

“Kami terbuka untuk franchise, cuma biasanya metode ini mengusulkan lokasi. Harapannya, dengan franchise tersebut kami sangat concern dan peduli dengan hal itu jadi ini harus untung. Mereka kebanyakan mengusulkan lokasi yang kurang tepat sehingga kami tolak,” beber Andi.

Meskipun pihak eksternal yakin bahwa lokasi tersebut cocok untuk Toko Planet Ban, namun berdasarkan dari pengalaman perusahaan, daripada ada kekecewaan tersebut maka hal tersebut dengan secara tidak langsung kami tolak untuk bekerjasama.

Saat ini toko ke-1000 mereka telah diresmikan di kawasan Cikarang, Bekas, Jawa Barat. Keberadaan gerai tersebut menjadi konsistensi serta komitmen untuk mendekatkan diri dengan para konsumennya.

LEAVE A REPLY