Test Drive Wuling Alvez, Sesuai Dengan Apa yang Dibayarkan

0
test drive wuling alvez konsumen
SuzukiGIIAS

ROCKOMOTIF, SemarangWuling Alvez jadi penantang SUV seperti Honda HR-V dan juga Hyundai Creta yang sudah wara-wiri di jalanan Indonesia, namun dengan harga yang cukup jauh di bawah kompetitornya ini.

Memang Wuling Motors tidak berhenti memberi kejutan pada konsumen otomotif Indonesia, kali ini mereka menghadirkan Alvez dengan harga yang terjangkau dengan fitur melimpah.

Harganya yang sangat kompetitif yaitu mulai dari Rp209 juta hingga Rp295 juta tetapi terdapat beragam fitur pada mobil ini.

Nah kami berkesempatan menguji Wuling Alvez ini beberapa waktu lalu dengan rute Yogyakarta ke Semarang melalui jalur yang cukup ekstrem.

Setelah sebelumnya membahas soal kenyamanan di dalam kabin, kali ini coba kita bahas mengenai performanya saat melibas jalur perbukitan yang cukup menantang.

test drive wuling alvez

Secara tampilan Wuling Alvez EX ini jadi SUV yang modern dan sporti untuk mengincar konsumen yang berjiwa muda. Grill depan khas Wuling dengan gaya diamond cut tetap dipertahankan di Wuling Alvez, tak lupa fitur Adjustable LED Projector Headlamp berdesain tajam sehingga membuatnya semakin gagah.

Baca juga: Test Drive Wuling Alvez, Nyamannya Jadi Penumpang Belakang

Dari samping, Alvez hadir dengan pelek berukuran 16 inci bergaya cutting-edge. Sementara di sisi belakang tampilannya didukung oleh Shark Fin Antenna, LED Rear Lamp dan Rear Spoiler.

Performa Mesin Cukup Baik

Wuling Alvez menggunakan mesin berkapasitas 1.500 cc yang sama dengan Confero dan Formo Max namun diklaim sudah mendapat penyesuaian. Menurut Danang Wiratmoko, Product Planning Wuling Motors mesin sama namun setingan tenaga sudah disesuaikan.

“Perbedaan yang paling jauh adalah Wuling Alvez adalah mobil penumpang sementara Formo Max adalah komersial sehingga settingan pasti berbeda,” ungkapnya.

Melihat data, mesin Wuling Alvez ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 105 hp pada 5.800 rpm serta torsi 143 Nm di 4.000-4.600 rpm. Cukup untuk SUV perkotaan, namun masih bisa diajak melibas jalanan perbukitan yang menantang.

test drive wuling alvez

Posisi berkendara pada Wuling Alvez bisa didapatkan dengan mudah meski jok depan belum dilengkapi oleh electric seat alias masih manual untuk mengaturnya.

Hanya saja, tak bisa dipungkiri bahwa performa mesin tersebut tidak langsung terasa ketika kami menginjak pedal gas. Akselerasi mobil sedikit lambat khususnya saat putaran bawah.

Baca juga: Penjualan Wuling Alvez Tembus 1.700 Unit, Tanpa Inden

Namun ketika memasuki putaran atas, sekitar 60 km per jam rasa tersebut mulai hilang. Performa mesin justru lebih responsif.

Saat diajak melibas tanjakan pun masih bisa dilayani dengan baik, meski dengan sedikit upaya ketika tidak mendapat momentum yang tepat dan juga suara raungan mesin cukup terdengar ke dalam kabin ketika berhadapan dengan tanjakan yang cukup ekstrem.

transmisi cvt wuling alvez

Saat memasuki kota Semarang, dimensi kompak Wuling Alvez (panjang 4.350 mm, lebar 1.750 mm dan tinggi 1.610 mm) menjadikannya mudah meliuk di tengah kepadatan lalu lintas.

Melalui Alvez, Wuling kembali membuktikan bahwa harga yang kompetitif bukan berarti menghilangkan fitur dan kemewahan sebuah kendaraan dan bisa pilihan berbeda di segmennya.

Selain itu fitur yang disematkan cukup lengkap, seperti Electronic Stability Control & Traction Control System, ABS & EBD, Electric Parking Brake with Auto Vehicle Holding, Hill Hold Control, ISOFIX serta SRS Airbag di bagian depan.

test drive wuling alvez

Dengan harga di bawah Rp 300 juta, performa yang kurang di putaran bawah mungkin akan menjadi pertimbangan tersendiri bagi mereka yang mendewakan kejutan adrenalin.

Tetapi bagi mereka yang mencari SUV dengan segala fitur yang ditawarkan termasuk harga kompetitif maka seharusnya masalah tersebut tidak akan terlalu berdampak. Ya kami bisa bilang apa yang Anda dapat sesuai dengan harga yang dibayarkan!

SuzukiGIIAS

LEAVE A REPLY