Toyota Yaris Cross Sudah Langsung Diekspor ke 25 Negara

0
Ekspor toyota yaris cross

ROCKOMOTIF, Jakarta – Harga Toyota Yaris Cross belum resmi diumumkan, tapi Yaris Cross Sudah langsung diekspor ke 25 negara.

SUV kompak terbaru Toyota Yaris Cross menjadi kendaraan elektrifikasi kedua Toyota yang diproduksi lokal di Indonesia dan langsung diekspor ke mancanegara.

Seremoni produksi dan juga pengiriman pertama ini dilakukan di pabrik PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) di Karawang pada Selasa (13/6/2023). Pengiriman perdana ini berlaku untuk seluruh model, yakni Yaris Cross tipe Bensin dan Hybrid Electric Vehicle (HEV).

“Yaris Cross buatan Indonesia dengan kandungan lokal 80% baik versi bensin maupun HEV juga ditujukan untuk pasar ekspor ke negara-negara di kawasan Amerika Latin dan Asia, sehingga kami berharap dapat juga memberikan kontribusi ekonomi bagi bangsa Indonesia,” ujar Presiden Direktur TMMIN Warih Andang Tjahjono.

Baca juga: Toyota Rilis Perdana Yaris Cross Produksi Indonesia, Siap Gebrak Pasar HR-V dan Creta

Sementara Toyota Yaris Cross yang untuk pasar domestik masih belum ada harga resminya. Ternyata memang porsi untuk ekspor Yaris Cross ini lebih besar dari porsi untuk domestik.

Ekspor toyota yaris cross

Menelan investasi hingga Rp 2,5 trilyun, Yaris Cross merupakan model elektrifikasi produksi lokal kedua, setelah Kijang Innova Zenix, persembahan Toyota Indonesia bagi konsumen domestik dan ekspor.

Yaris Cross versi bensin dan HEV mengusung tingkat emisi CO2 yang rendah serta memiliki efisiensi bahan bakar tinggi.

80% Kandungan Lokal

Baterai listrik Yaris Cross juga dirakit lokal oleh Toyota Indonesia di pabrik Karawang 2 sementara mesin diproduksi di pabrik Karawang 3.

Produksi Yaris Cross juga menjadi bukti tingkat kedalaman industri manufaktur otomotif nasional ke level industri komponen lokal yang lebih dominan.

Ekspor Toyota Yaris Cross

“Dengan memproduksi Yaris Cross, kami menambah hingga 12 supplier baru sehingga total 116 supplier turut menyumbangkan nilai kandungan lokal hingga 80%,” ujar Bob Azam Direktur Hubungan Eksternal PT TMMIN.

Baca juga: Toyota Segarkan Yaris Tanpa Seremoni, Simak Apa Saja Ubahannya

Selain itu sebagai basis ekspor, Toyota Indonesia pada tahun 2023 menargetkan ekspor Yaris Cross versi bensin dan HEV sebanyak lebih dari 22.000 unit ke negara-negara di kawasan Amerika Latin dan Asia.

Diharapkan, ekspor Yaris Cross akan terus meningkat dari tahun ke tahun dengan target sekitar 40.000 unit di 2025. Kehadiran Yaris Cross di pasar domestik dan internasional, juga dapat memberikan andil bagi upaya Pemerintah dalam meningkatkan nilai neraca dagang nasional.

 

LEAVE A REPLY