Gandeng Pertamina, Honda Bakal Siapkan Mobil Listrik Komersial

0
Mobil listrik komersial Honda tengah dikembangkan bersama Pertamina
Mobil listrik komersial Honda tengah dikembangkan bersama Pertamina

ROCKOMOTIF, Tangerang – Tren mobil listrik komersial yang siap tumbuh di Indonesia, telah diantisipasi oleh Honda untuk menghadirkan model yang mumpuni bagi para pelaku usaha.

Komitmen tersebut dilakukan oleh PT Honda Prospect Motor dengan Pertamina yang resmi bekerjasama untuk melakukan riset terkait penggunaan kendaraan niaga berbasis baterai.

Peresmian kerjasama Honda yang ingin menghadirkan mobil listrik komersial ini ditandai dengan penandatangan Joint Study Agreement yang dilakukan oleh Kotaro Shimizu selaku President Director PT Honda Prospect Motor dan Dannif Danusaputro selaku Direktur Utama Pertamina New & Renewable Energy (Pertamina NRE), serta Riva Siahaan selaku Direktur Utama Pertamina Patra Niaga, di ajang pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) tanggal 14 Agustus 2023.

“Studi yang kami lakukan dengan Honda N-VAN EV Prototype bertujuan untuk memahami kebutuhan konsumen dan infrastruktur di Indonesia, sebagai bagian dari persiapan implementasi visi elektrifikasi Honda di Indonesia,” jelas Kotaru Shimizu, President Director PT Honda Prospect Motor, dalam keterangan resminya.

Sementara itu, terkait ketersediaan Honda yang ingin menghadirkan mobil listrik komersial ini juga disambut baik oleh PT Pertamina Patra Niaga, di mana pihaknya berharap melalui langkah ini dapat mendorong transisi energi di lini bisnis Non-Fuel Retail.

“Harapannya, melalui penggunaan electric 4-wheeler jenis mobil angkut barang, dapat menciptakan efisiensi sekaligus berkontribusi pada pengurangan emisi dalam operasional bisnis Non-Fuel Retail kami. Serta kedepan mendorong pelaku industri lainnya dalam mengutilisasi SPKLU atau charging station di SPBU Green Energy Station Pertamina,” tambah Direktur Utama Pertamina Patra Niaga, Riva Siahaan.

Honda N-VAN EV Prototype yang digunakan dalam riset ini merupakan pengembangan dari model mobil Honda N-VAN, salah satu model kendaraan komersial yang sangat sukses dari Honda. Pertama kali diperkenalkan di pasar Jepang pada tahun 2018, N-VAN banyak digunakan bukan hanya untuk penggunaan pribadi, tetapi untuk memenuhi kebutuhan mobilitas dalam kegiatan bisnis dan niaga, terutama dalam hal pengantaran barang.

Dengan desain yang kompak dan lincah, Honda N-VAN telah menjadi pilihan populer di kalangan pengusaha dan pelaku bisnis yang membutuhkan kendaraan ringkas dengan kapasitas muatan yang optimal. Ruang bagasi Honda N-VAN mudah digunakan karena Honda meniadakan pilar tengah di sisi penumpang yang memungkinkan bukaan lebih besar di sisi penumpang depan kendaraan.

LEAVE A REPLY