EHang 216 Pamer Kebolehan di Hadapan Pejabat Indonesia

0
Presiden Republik Indonesia, Jokowi, tertarik dengan kendaraan terbang EHang 216
Presiden Republik Indonesia, Jokowi, tertarik dengan kendaraan terbang EHang 216
SuzukiGIIAS

ROCKOMOTIF, Jakarta – Kendaraan Udara Otonom EHang 216 milik Prestige Aviation berhasil mencuri perhatian para pejabat publik Tanah Air.

Dalam gelaran acara Hub SPACE x KAI Expo 2023, kendaraan terbang ini juga berhasil mencuri perhatian orang nomor satu di Indonesia, Joko Widodo. Kehadiran kendaraan tanpa awak ini membuat beliau terpikat dan mencoba untuk merasakan berada di dalamnya.

Seperti diketahui, EHang 216 ini telah beberapa diujicobakan di langit Indonesia. Dengan demo flight tersebut, sekaligus menjadi momentum bagi Prestige Aviation dalam memberikan gambaran terkait kendaraan terbang tersebut.

“Saya yakin Urban Air Mobility adalah masa depan transportasi Indonesia. Semoga dengan komitmen kami, dapat memajukan transportasi Indonesia,” ujar Rudy Salim, CEO Prestige Aviation dalam keterangan resminya.

Sementara itu, beberapa pejabat serta tokoh Tanah Air yang turut mendampingi Jokowi dalam melihat EHang 216, di antaranya mantan Menteri Perhubungan seperti Muhammad Hatta Rajasa, E.E. Mangindaan, Emil Salim, serta beberapa pembantu presiden seperti Menteri Perhubungan Dr. (H.C.) Ir. Budi Karya Sumadi, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A., dan pengusaha ternama Tanah Air, Prof. Dr. (H.C.). drg. H. Chairul Tanjung, M.B.A., serta Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen. Pol. Drs. Firman Santyabudi, M.Si.

“Taksi terbang, wah menarik. Pak Presiden sangat excited mencoba itu. Dan Pak Presiden mau mencoba, kita akan coba. Tapi memang satu teknologi baru itu pasti kita harus terima dengan baik,” kata Budi Karya Sumadi saat melihat EHang 216 kala menemani presiden.

Rudy Salim kembali menambahkan, beberapa kali demo EHang 216 ini terus dilakukan dengan beberapa stakeholder. Beberapa waktu lalu, kendaraan terbang ini turut demo flight sekaligus membantu beberapa tugas pemerintah.

“Sebelumnya lewat kerjasama kami dengan Ikatan Motor Indonesia (IMI), unit pertama di Indonesia berhasil melakukan demo terbang di Bali bulan November 2021, kerjasama dengan POLRI dalam surveillance penanganan bencana Gunung Semeru dan sukses dalam sejumlah demo terbang di Bandar Udara Pondok Cabe, di area JIEXpo saat event Indonesia International Motor Show dan yang terbaru acara PERIKLINDO Electric Vehicle Show 2022,” tambah Rudy.

EHang 216 dibekali dengan teknologi penerbangan otonom sehingga dapat menghilangkan kemungkinan kegagalan atau kerusakan yang disebabkan oleh kesalahan manusia (human error). Tanpa perlu ribet mengontrol atau mengoperasikan pesawat, penumpang bisa langsung duduk dan menikmati perjalanan.

“Ini merupakan kendaraan ramah lingkungan dan dapat mengurangi kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh emisi. Pengisian daya dapat menggunakan sumber daya listrik 220V atau 380V dalam 1 jam pengecasan paling cepat,” pungkas Rudy.

SuzukiGIIAS

LEAVE A REPLY