Peugeot 208 Rally4 Jalani Development di Sprint Rally Malang

0
Peugeot 208 Rally4 jalani sesi uji coba di Kejurnas Sprint Rally Malang 2023 (foto: ist)
Peugeot 208 Rally4 jalani sesi uji coba di Kejurnas Sprint Rally Malang 2023 (foto: Nudiya Ghulam)

ROCKOMOTIF, Malang – Yoseph Suryanto atau yang akrab disapa Otep, sukses mencuri perhatian pada putaran kelima Kejurnas Sprint Rally yang berlangsung di Sirkuit Puslatker TNI AL Bedali, Malang, lewat kehadiran mobil Peugeot 208 Rally4, pereli ini tampil begitu impresif pada leg pertama yang berlangsung Sabtu (14/10/2023).

Meski mendapatkan perlawanan yang begitu sengit dari Emmanuelle Amandio pada SS pertama dan kedua, namun menurutnya hal tersebut bukan tujuan utamanya. Dalam keterangannya, ia menjelaskan kehadiran mobil dengan logo Singa ini bertujuan untuk melakukan development dan testing.

“Sebenarnya untuk event kali ini, tujuan kita hanya untuk melakukan testing dan penyesuaian pada Peugeot 208 Rally4. Karena secara spesifikasi dan teknologi, mobil ini berbeda dengan yang saya pakai sebelumnya,” ungkap Yoseph, dalam wawancaranya.

Adapun beberapa perbedaan yang harus ia adaptasikan antara lain adalah mulai dari kemudi yang ada di sebelah kiri, lalu mesin yang kini mengadopsikan turbo, serta spesifikasi suspensi di mana pada Peugeot 208 Rally4 memiliki travel yang lebih tinggi.

Peugeot 208 Rally4 milik Yoseph Suryanto
Mobil Peugeot 208 Rally4 mendominasi di Group F (foto: Nudiya Ghulam)

Setelah melakoni 2 SS, pereli yang bernaung di bawah Asal Hati Senang Racing Team (AHSRT) mengungkapkan performa Peugeot 208 Rally4 tersebut sangat mumpuni untuk digeber di atas lintasan sprint rally Indonesia.

“Performa sudah dipastikan sangat baik, karena memang mobil ini didatangkan langsung dari pabrik Peugeot Motorsport di Perancis, dengan spesifikasi WRC di Kelas Rally4,” tambahnya.

Terkait karakter lintasan yang dihadirkan, sirkuit ini memiliki variasi yang lengkap, bahkan menurutnya dengan beragam macam lintasan yang disuguhkan membuatnya menyerupai track untuk speed rally atau rally panjang.

“Terkait track, di Malang ini sangat bagus. Karena ada lintasan lurus yang panjang, ada juga flowing dan hairpin, jadi mirip seperti track rally panjang,” pungkasnya.

Setelah mengarungi 2 SS, ia sukses menggusur Amandio dari posisi puncak. Berdasarkan hasil yang dirilis penyelenggara, pada SS pertama Yoseph mengemas waktu tercepatnya 5 menit 45,1 detik.

Sedangkan pada SS kedua, torehan waktunya menjadi lebih baik lagi, di mana Peugeot 208 Rally4 berhasil mencetak waktu tercepat 5 menit 43,2 detik. Alhasil, secara overall ia saat ini memimpin Group F dengan akumulasi waktu 11 menit 19,3 detik.

LEAVE A REPLY