Shammie Raih Dua Podium di Danau Toba Rally 2023

0
Debut Shammie Zacky Baridwan hasilkan dua podium di Danau Toba Rally 2023
Debut Shammie Zacky Baridwan hasilkan dua podium
SuzukiGIIAS

ROCKOMOTIF, Jakarta – Debut pereli Shammie Zakcy Baridwan berhasil meraih dua podium pada gelaran Danau Toba Rally 2023 yang berlangsung pada 24-26 November 2023 lalu di Prapat, Sumatera Utara.

Hasil ini terbilang sangat baik, mengingat ini merupakan laga perdana ia di ajang rally Tanah Air namun ia bersama co-driver andalannya, Ade Ramadhan, sukses meraih dua podium dan sukses menuntaskan kompetisi tanpa mengalami kendala yang berat.

“Hasil Danau Toba Rally 2023 cukup memuaskan, karena yang tadinya saya hanya menargetkan untuk bisa membawa mobil ke garis finish, ternyata bisa menghasilkan podium kedua pada kategori non-seeded dan posisi keempat di Kelas F.2,” ungkap Shammie.

Debut Shammie Zacky Baridwan hasilkan dua podium di Danau Toba Rally 2023
Ade Ramadhan (kiri) dan Shammie Zacky Baridwan (kanan)

Berbekal Mitsubishi Lancer CK.4, ia harus benar-benar mempelajari karakter ekstrem yang disuguhkan oleh penyelenggara. Terlebih jika melihat banyak pereli yang mengalami insiden dan tidak dapat melanjutkan pertarungan, ia sukses menutup rangkaian tersebut dengan hasil yang begitu impresif.

Adapun poin penting yang ia dapat dari debutnya tersebut adalah mempelajari bagaimana menyusun strategi di mana hal ini memiliki peranan penting untuk bisa menuntaskan pertarungan dengan para rivalnya.

“Poin yang didapat pada Danau Toba Rally yang menjadi debut adalah harus pintar dalam menyusun strategi karena selain harus membawa mobil secara maksimal, juga harus menjaga kendaraan itu sendiri agar dapat melewati 12 Special Stage yang sangat ganas sampai dengan di garis finish. Caranya? Dengan mengatur ritme menyetir, memilah dan memilih jalanan mana yang bisa dipol, dan mana yang enggak, serta harus bisa mengatur emosi diri sendiri agar tidak terlalu nafsu untuk membejek gas lebih dalam,” tambah Shammie.

Debut Shammie Zacky Baridwan hasilkan dua podium di Danau Toba Rally 2023
Shammie mengandalkan Mitsubishi Lancer CK.4

Setelah merasakan atmosfer dan aroma pertarungan yang sengit, tentunya ini menjadi candu bagi dirinya. Bukan tanpa alasan, dengan memacu adrenalin dan bisa menyelesaikan semua rintangan menjadi salah satu hal penting baginya.

“Untuk tahun depan, tentunya kalau tidak ada halangan pastinya akan ikut event rally dan sprint rally, dan dengan target podium sekaligus untuk bisa menambah jam terbang,” imbuhnya.

Keberhasilan yang ia torehkan pada debutnya ini tidak lelas dari bantuan beberapa pihak. Kesiapan kru mekanik, serta manajerial yang ada turut menjadi salah satu kesuksesan dirinya dalam menuntaskan pertarungan di Prapat, Sumatera Utara.

“Terima kasih yang pertama untuk keluarga, yang telah senantiasa memberikan support terbaiknya. Untuk semua anggota team baik itu co-driver senior saya, manager dan crew beserta seluruh racing support, dan juga untuk teman-teman semua yang mensupport saya, terima kasih banyak atas dukungannya,” pungkasnya.

SuzukiGIIAS

LEAVE A REPLY