Seperti Apa Rasa Berkendara Honda Stylo 160, Skutik Retro Modern Terbaru Honda

0
rasa berkendara honda stylo 160
SuzukiGIIAS

ROCKOMOTIF, Cikarang – PT Astra Honda Motor (AHM) merilis skutik baru bergaya retro modern Stylo 160 yang paling bertenaga di segmennya. Memang, skutik bertampang klasik ini jadi yang paling besar tenaganya karena menggunakan mesin yang sama dengan Honda Vario 160. Namun, seperti apa rasa berkendara skutik terbaru ini? Apakah tenaga besar jadi kekuatan satu-satunya agar Honda bisa menguasai segmen skutik retro modern ini?

Jika dilihat memang AHM sudah punya skutik retro modern melalui Honda Scoopy dan juga Genio, namun keduanya hanya mengandalkan mesin 125cc. Nah, Stylo 160 ini sekarang dibekali dengan mesin 160cc dari Honda Vario 160. Tidak ada perbedaan dari basic mesin, CVT sampai rasio transmisinya.

Bedanya hanya pada mapping ECM (Engine Control Module) yang sudah disesuaikan dengan bobot Honda Stylo 160. Untuk spesifikasi mesin, diameter pistonnya 60 mm dengan panjang langkah 55,5 mm, sementara rasio kompresi 12:1 yang bisa menghasilkan tenaga maksimal 15,4 Ps di 8.500 rpm dan torsi maksimal 13,8 Nm pada 7.000 rpm.

rasa berkendara honda stylo 160

Dari data tersebut saat diuji memang tenaganya tidak terlalu menonjol, terasa sedikit ketahan alias “ngeden” saat menjajal akselerasi awal dari posisi diam. Ya, kurang lebih tenaganya mirip dengan Vario 160.

Baca juga: Skutik Baru Honda Stylo 160 Dijual Mulai Rp 27 Jutaan

Menurut AHM spesifikasi ini diklaim masih tetap efisien dalam hal konsumsi BBM. Sepertinya jantung pacu milik Honda Vario 160 dipercaya karena efisien.

“Kami memilih untuk memanfaatkan mesin 160 walaupun besar tapi tetap irit bahan bakar. Konsumsi BBM mesin ini mencapai 45 km/liter,” jelas Octavianus Dwi Putro, Marketing Director AHM di sela-sela peluncuran (02/02).

Oh iya, pengetesan Stylo 160 ini kami lakukan di area AHM Safety Riding & Training Center, Cikarang, Jawa Barat setelah acara peluncuran resminya selesai.

Secara dimensi, Honda Stylo 160 ini memiliki panjang 1.886 mm, lebar 706 mm dan tinggi 1.133 mm untuk versi ABS. Jika dibandingkan dengan Honda Scoopy hanya berbeda beberapa mm saja. Scoopy punya dimensi panjang mencapai 1.864 mm, lebar 683 mm dan tinggi 1.075 mm.

rasa berkendara honda stylo 160

Secara bobot juga punya sedikit perbedaan jika dibandingkan dengan Scoopy, hanya 23 kg lebih berat Stylo 160. Namun sama Vario 160 selisihnya hanya 3 kg saja di mana Stylo 160 masih sedikit lebih berat. Namun hal ini tidak terlalu punya pengaruh terhadap pengendalian Honda Stylo 160 terutama saat diajak bermanuver.

Baca juga: Sepeda Motor Honda Laris Manis di IIMS 2023, Skutik 160 Paling Banyak

Itu juga yang membuat Stylo 160 ini dari sisi riding position atau posisi berkendara motor tidak jauh berbeda dengan Scoopy. Jika untuk penggunaan mobilitas harian masih cukup nyaman.

Hanya saja harus perhatikan juga postur tubuh pengendara, jika di atas 175 cm sepertinya sedikit kurang nyaman karena posisi ridingnya terlalu tegak. Meski begitu, tidak perlu khawatir kalau lutut akan menyentuh setah ketika berbelok, masih aman.

Untuk penggunaan ban ukuran 12 ini, rasanya masih cukup mumpuni untuk harian. Handling skutik retro ini masih sanggup melahap kondisi jalan di perkotaan.

honda stylo 160

Baca juga: Harga Motor Listrik Honda EM1 e: Resmi Diumumkan Rp 33 Juta Saja

Kehadiran Honda Stylo ini jadi pilihan lain untuk masyarakat yang menginginkan skutik retro dengan teknologi modern. AHM sudah melengkapi Stylo 160 ini dengan beragam fitur canggih, mulai dari lampu depan belakang yang sudah full LED.

Kemudian ada fitur Honda Smart Key System yang pada remote-nya sudah dilengkapi juga dengan alarm dan answer back system. Serta spidometernya sudah full digital dengan warna latar gelap atau negative display, bentuknya persegi panjang tapi dengan frame cukup lebar.

Terakhir, AHM menyediakan dua varian untuk Stylo 160 ini, untuk tipe CBS harganya mulai dari Rp 27 jutaan hingga yang tipe ABS dibanderol mulai Rp 30 jutaan.

SuzukiGIIAS

LEAVE A REPLY