Alasan Ini yang Menjadi Penyebab Nissan GT-R Stop Produksi

0
Nissan GT-R Stop Produksi di Amerika Serikat
Dua model dengan edisi khusus dipersiapkan untuk menjadi salam perpisahan
SuzukiGIIAS

ROCKOMOTIF, Jakarta – Fakta di balik kabar yang menyebutkan bahwa Nissan GT-R stop produksi tentu membuat para petrolhead terkejut. Pasalnya, model ini menjadi salah satu JDM yang masuk dalam wishlist mereka untuk dikoleksi.

Meskipun demikian, keputusan untuk menghentikan penjualannya ini dilakukan di pasar otomotif Amerika Serikat. Setelah 17 tahun melenggang di Negeri Paman Sam, akhirnya Godzilla ini resmi disuntik mati.

Di balik kabar Nissan GT-R stop produksi tersebut, ada beberapa fakta menarik yang menjadi latar belakang dari perusahaan untuk melakukan hal tersebut. Salah satunya adalah terkait elektrifikasi yang kini tengah gencar dilakukan oleh berbagai pabrikan otomotif dunia.

Melansir informasi Autoindustriya, disebutkan bahwa alasan model ini harus pensiun dikarenakan beberapa hal, seperti usianya yang kini sudah tidak muda lagi, kemudian peraturan emisi global yang semakin ketat untuk menjaga lingkungan tetap hijau dan yang terakhir adalah elektrifikasi sehingga membuat sportcar ini harus undur diri.

Nissan GT-R Stop Produksi di Amerika Serikat
Sportcar asal Jepang ini resmi disuntik mati

Keputusan perusahaan terkait Nissan GT-R stop produksi di Amerika Serikat, rupanya dua tahun lalu model ini juga sudah tidak lagi dijual di Eropa. Hal ini semakin menambah limitasi keberadaan model tersebut di tengah-tengah para petrolhead. Adapun kepastian model ini tidak lagi diniagakan adalah dimulai pada Oktober 2024.

Tetapi jangan khawatir, sebab jenama otomotif asal Jepang ini telah menyiapkan dua model khusus untuk salam perpisahan kepada para penggemarnya. Model tersebut adalah Skyline dan T-Spec Takumi Edition yang akan dirilis secara terbatas.

Untuk model varian Skyline Edition, telah dibekali dengan warna khas Bayside Blue dengan permainan warna interior Sora Blue. Model tersebut didasarkan pada varian GT-R Premium yang memiliki spesifikasi mirip dengan yang dipasarkan di Filipina. Sementara untuk varian GT-R T-Spec Takumi Edition akan dibekali dengan mesin V6 3.8 liter Twin-Turbo VR48DETT yang dapat menghasilkan tenaga 570 hp.

Tampilan luarnya, varian tersebut akan mengadopsi kelir khas Skyline Midnight Purple dan dipadukan dengan skema Mori Green yang eksklusif di bagian interiornya.

Sementara itu, untuk beberapa detailnya meliputi spatbor depan yang lebar dan mendapatkan peningkatan mekanis seperti rem karbon keramik yang diambil dari model NISMO, velg forged Rays berukuran 20 inci dengan balutan emas, serta hadir dengan Vehicle Dynamics Control yang dipersonalisasi oleh NISMO.

Karena ini merupakan edisi terakhir sebelum Nissan GT-R stop produksi di Amerika Serikat, pabrikan menginformasikan hanya memproduksi kurang dari 200 unit untuk pasare Amerika Serikat. (*)

SuzukiGIIAS

LEAVE A REPLY