50 Tahun Isuzu Indonesia Memegang Peran Penting Industri Niaga

0
50 Tahun Isuzu Indonesia memegang peran penting industri niaga
50 Tahun Isuzu Indonesia memegang peran penting industri niaga

ROCKOMOTIF, Tangerang – Resmi menginjak usia 50 tahun di industri komersial Tanah Air, Isuzu Indonesia berhasil memegang peran penting segmen niaga. Pencapaian tersebut tidak hanya ditopang melalui ragam produk yang dihadirkan oleh pabrikan, tetapi meliputi sejumlah layanan aftersales yang membuat setiap konsumen merasa dilayani dengan baik oleh jenama asal Jepang tersebut.

Tonggak keberhasilan tersebut seakan sudah tergambar sejak peluncuran kendaraan pick up Isuzu LTD di Indonesia pada 1974 silam. Hal tersebut melanjutkan image brand di mana pada awal perjalanannya pada 1937, brand ini sudah berhasil memproduksi mesin diesel berpendingin pertama di dunia.

Melalui kehadiran produk tersebut, Isuzu Indonesia, sukses mendapatkan atensi dari para pelaku usaha di Tanah Air. Hal ini yang akhirnya menjadi semangat bagi perusahaan untuk terus mengembangkan bisnis baik dari sisi kehadiran produk, maupun layanan yang mereka berikan.

Sehingga tidak heran bila sejak 2006 lalu, brand ini kerap berpartisipasi dalam kompetisi mekanik Isuzu di selurh dunia melalui ajang I1-Grand Prix. Keikutsertaan tersebut bukan hanya sekedar mengikuti, tetapi dari tahun ke tahun secara konsisten, perusahaan terus mengirimkan teknisi terbaik dari Tanah Air untuk bersaing dengan para mekanik dari seluruh dunia.

Sebagai hasilnya, para teknisi tersebut berhasil berada di posisi teratas serta sukses menyabet gelar Triple Star pada After Sales Award.

50 Tahun Isuzu Indonesia memegang peran penting industri niaga
Line up produk yang ditawarkan untuk segala kebutuhan usaha konsumen

“Isuzu sudah memiliki sejarah panjang di Indonesia sejak tahun 1974, dan terus menemani Isuzu Partner di berbagai kesempatan. Kini memasuki tahun 2024, Isuzu siap menyongsong tahun emas berupa 50 tahun di Indonesia dan terus berkomitmen untuk berinovasi demi melayani seluruh masyarakat Indonesia,” jelas Yusak Kristian, President Director PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) melalui keterangan resminya.

Sebagai salah satu bukti bahwa Isuzu Indonesia memegang peran penting dalam industri komersial, ditandai oleh perusahaan ini dengan melakukan pengembangan terkait salah satu model. Model Traga yang dipersiapkan untuk bertarung di segmen medium pick up, secara khusus diproduksi di Tanah Air sekaligus menandai Isuzu Indonesia sebagai manufaktur sekaligus basis ekspor untuk kebutuhan brand secara global.

Melalui serangkaian yang dilakukan serta pengembangan di berbagai sektor, membuat perusahaan berhasil meraih hasil gemilang meskipun pasar commercial vehicle mengalami penurunan. Berdasarkan informasi resminya, Isuzu Indonesia, mencatatkan market share sebesar 31,7 persen dan menandakan adanya peningkatan sebesar 4,8 persen bila dibandingkan pada periode yang sama pada tahun 2023 lalu.

Tidak berhenti sampai di situ, peusahaan ini juga semakin dkenal baik oleh publik Indonesia sebagai merek kendaraan komersial terpercaya berkat penghargaan Top Brand yang diberikan oleh Frontier dan Majalah Marketing Indonesia untuk Kategori Cargo Commercial Vehicle dan ini menjadi bukti kepercayaan yang baik dari masyarakat terkait produk yang dihadirkan serta layanan yang diberikan.

Menyadari tantangan di kemudian hari begitu besar, terlebih pada arus digital yang semakin kencang, Isuzu Indonesia terus melakukan inovasi dengan mengadopsi teknologi termutakhir. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan melakukan digitalisasi di berbagai aspek, mulai dari produk serta layanan purna jual.

Dengan inovasi yang dilakukan, perusahaan tersebut pun berhasil mendapatkan sertifikat dari Kementerian Perindustrian Republik Indonesia sebagai perusahaan produsen kendaraan komersial pertama yang tersertifikasi Industri Indonesia 4.0 Readiness Index (INDI 4.0). (*)

LEAVE A REPLY