Mobil Suzuki Ini yang Paling Banyak Dicoba di GIIAS 2024, Apa Kelebihannya?

0
test drive suzuki giias 2024

ROCKOMOTIF, Tangerang – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) ikut serta dalam pameran otomotif terbesar Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 dengan menghadirkan line-up produk andalannya. Tentunya mereka juga menyediakan unit test drive yang bisa dicoba oleh calon konsumen sebelum membeli mobilnya.

Ada beberapa unit mobil tes yang disediakan Suzuki di GIIAS 2024 kali ini, terdiri dari XL7 Hybrid, Baleno, Grand Vitara dan Ertiga Hybrid Cruise dan juga Jimny 5-door terbaru.

Ternyata yang paling banyak dicoba oleh pengunjung GIIAS 2024 adalah Suzuki Grand Vitara dan XL7 Hybrid.

Undian Test Drive Suzuki di GIIAS 2024

Kendaraan yang sudah dibekali dengan teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS) ini ternyata menimbulkan rasa penasaran para pengunjung untuk bisa mencoba langsung performa dan kenyamanannya.

Baca juga: Suzuki XL7 Ternyata Nyaman Diajak Main Off-Road Ringan

Untuk Suzuki Grand Vitara sendiri memang sudah setahun meluncur di Indonesia dan menjadi SUV andalan Suzuki di Indonesia. Seperti apa rasa berkendara dari SUV baru yang kini memiliki teknologi SHVS alias smart hybrid pabrikan Jepang ini?

Secara tampilan, Grand Vitara terbaru ini tampil beda berkat desain eksterior yang elegan, tangguh serta sporty yang dapat memperkuat penampilan dan gaya hidup keseharian penggunanya.

Suzuki grand vitara giias

Dimensi SUV hybrid ini panjang 4.345 mm, lebar 1.795 mm dan tinggi 1.645 mm sehingga memberikan tampilan kompak namun gagah. Kelincahannya juga didukung oleh wheelbase 2.600 mm.

Desain Suzuki Grand Vitara ini menghadirkan tampilan yang agresif namun berkelas, serta lekuk tubuh yang kokoh dan menonjolkan maskulinitas.

Baca juga: Mobil Suzuki di Pameran Otomotif GIIAS 2024 Banyak Memikat Pengunjung

Dari sisi performa, Grand Vitara dibekali dengan mesin 1.500cc berkode K15C Dual Jet yang ramah lingkungan serta efisien. Penggunaan teknologi SHVS yang dapat mengoptimalkan penggunaan bahan bakar sesuai kebutuhan sekaligus menekan emisi gas buang dengan lebih baik.

suzuki grand vitara giias

Performa yang dihasilkan dari mesin tersebut sebesar 103,06 PS/6.000 rpm dan torsi sebesar 136,8 Nm/4.400 rpm disalurkan secara menyenangkan melalui 6-speed Automatic Transmission yang juga dilengkapi dengan paddle shift di balik lingkar kemudi.

Teknologi SHVS mengusung penggunaan ISG (Integrated Starter Generator) dan Lithium-ion Battery yang akan mengoptimalkan kinerja mesin K15C Dual Jet tersebut.

Ketika diajak melesat dari posisi diam, baterai akan mendorong ISG untuk memberikan tenaga tambahan yang membuatnya bisa melesat sedikit lebih cepat.

Respon dari transmisi AT 6-speed juga terasa mulus dan cukup responsif, di saat kompetitornya sudah menggunakan transmisi CVT di segmen ini.

Baca juga: SUV Konsep Suzuki eVX Siap Produksi Tahun Depan

Sementara untuk efisiensi baterai akan membuat penggunaan bahan bakar lebih hemat dengan fungsi Auto Start/Stop yang mematikan mesin saat berhenti sempurna, seperti saat berada di lampu merah.

Secara pengendalian, meski Grand Vitara memiliki ground clearance setinggi 210 mm yang dapat memberikan ketenangan dan kestabilan dikala melewati beragam medan jalan yang kurang baik.

suzuki grand vitara giias 2024

Berkat racikan sistem suspensi depan menggunakan MacPherson Strut with Coil Spring dan pada bagian belakang menggunakan Torsion Beam memberikan peredaman perjalanan yang nyaman meski harus melibas jalan jelek atau berlubang.

Tingkat kenyamanan di dalam kabin juga patut diacungi jempol. Joknya yang sudah berlapis kulit memberikan kenyamanan cukup baik. Sementara untuk pengemudi juga lebih mudah berkat adanya kamera 360, rear parking camera serta parking sensor.

Baca juga: Ragam Mobil SUV Suzuki di GIIAS 2024, Pengunjung Bisa Test Drive Gratis!

Adanya panoramic sunroof memberikan kesan kabin yang lapang, dan menjadi unggulan di segmennya. Serta adanya fitur wireless charging yang memudahkan untuk mengisi daya smartphone di perjalanan.

Sayangnya, SUV ini masih belum dibekali Electric Parking Brake dan juga Brake Hold yang sudah tersedia di kompetitornya. Namun, Suzuki Grand Vitara punya kelebihan dengan adanya HUD (Head Up Display) yang memberikan informasi ke pengemudi.

Secara keseluruhan, Suzuki Grand Vitara memberikan pengalaman berkendara sebuah SUV modern dan tentunya dengan harga yang terjangkau.

LEAVE A REPLY