Tips Ganti Oli Kendaraan, Perhatikan Kualitas untuk Hasil Maksimal

0
Tips ganti oli kendaraan harus perhatikan kualitas agar optimal
Tips ganti oli kendaraan harus perhatikan kualitas agar optimal

ROCKCOMOTIF, Jakarta – Agar performa mobil tetap dalam keadaan prima saat digunakan di kala harian, tips ganti oli kendaraan berikut ini menjadi penting dan harus dilakukan oleh pemilik.

Selain untuk menjaga performa mesin tetap ideal, hal ini juga memberikan dampak terkait gesekan antar komponen di dalam mesin sehingga tidak lagi mengalami keausan karena pelumasan yang diberikan sesuai dengan waktu yang tepat.

“Penggantian oli merupakan suatu hal yang wajib dilakukan, mengingat pentingnya fungsi pelumasam di setiap mesin kendaraan. Hal itu terkait dengan kinerja dan performa kendaraan itu sendiri,” jelas Imran Razy, General Manager PT Nippon Oil Indonesia, terkait tips ganti oli kendaraan yang ideal.

Sebagai produsen dan distributor produk ENEOS di Indonesia, Razy, melanjutkan bahwa interval yang harus dilakukan adalah setiap 5.000 hingga 10.000 kilometer untuk kendaraan roda empat, dan 3.000 sampai 4.000 kilometer untuk kendaraan bermotor roda dua dan hal tersebut tergantung pada penggunaannya.

Selain itu, tips ganti oli kendaraan tersebut juga harus memperhatikan kualitas dan spesifikasi dari pelumas. Diharapkan, pemilik mobil atau motor harus disesuaikan dengan jenis kendaraan, sebab hal ini akan memengaruhi dari kinerja mesin dan memberikan performa yang optimal.

Sementara itu, hal lain yang juga diperhatikan adalah viskositas atau tingkat kekentalannya. Hal ini bisa mengacu pada buku pedoman pemili kendaraan, di mana untuk mobil dengan keluaran terbaru biasanya menggunakan spesifikasi 0W-20 atau 5W-30. Sementara untuk model lama, biasanya pelumas yang digunakan memiliki tingkat kekentalan 20W-50 atau 10W-40.

Sejalan dengan hal tersebut, untuk menjawab kebutuhan para pemilik kendaraan, ENEOS memperkenalkan produk terbarunya yakni ENEOS X, yang disempurnakan dengan formla New Additive Titanium, yakni teknologi aditif terbaru dan pertama di Indonesia. Terkait keunggulannya, formulasi tersebut terbukti mampu memberikan perlindungan hingga ke komponen terkecil pada mesin dan mampu menjadikan mesin minim getaran sehingga memberikan pengalaman kenyamanan berkendara.

“Pelumas ENEOS yang diproduksi dengan teknologi tinggi serta menggunakan base oil dan aditif pilihan, mampu memenuhi harapan setiap pemilik kendaraan guna memastikan kendaraan yang dipakainya akan memiliki performa terbaik,” pungkas Razy. (*)

LEAVE A REPLY