Sudah Laku Ribuan Unit, Tapi Honda Belum Bisa Jual All New Brio

0
honda brio baru
Honda Brio baru ini baru akan dijual resmi di Oktober mendatang

ROCKOMOTIF, Tangerang – Debut dunia dari city car All New Honda Brio di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada awal Agustus lalu masih mengundang tanda tanya. Pasalnya PT Honda Prospect Motor (HPM) belum merilis harga dari generasi terbaru Brio ini.

Padahal menurut Jonfis Fandy Marketing and After Sales Service Director PT HPM di ajang GIIAS 2018 kemarin sudah ada sekitar 1.800 unit Honda Brio yang terpesan. Semuanya adalah All New Honda Brio, tapi konsumen harus sabar menunggu hingga harga resmi keluar.

Sampai sekarang pun, HPM mengaku belum bisa mengumumkan harga resmi Honda Brio baru. Jonfis menjelaskan untuk harga memang masih menunggu keputusan pemerintah.

Pasalnya, ada tipe Honda Brio ini yang memang masuk ke segmen mobil murah ramah lingkungan alias LCGC. Seperti diketahui, Honda Brio memang memiliki tipe Brio Satya yang khusus bersaing di segmen LCGC.

Baca juga: Honda Brio Baru, Ternyata Tak Cuma Lebih Panjang

“Kalau sudah di-approve (pemerintah) pasti kita umumkan, karena dulu kita meluncurkan New Brio sekitar September 2017 dan setahun baru boleh berubah,” jelas Jonfis di sela-sela media test drive all new Honda HR-V di Alam Sutera, Tangerang, Rabu (29/8/2018).

Jonfis menambahkan jika dalam peraturan LCGC memang perubahan harga model yang termasuk baru bisa dilakukan setelah setahun peluncuran. “Dulu kami meluncurkan New Brio sekitar September 2017 dan setahun baru boleh berubah (harganya),” tambah Jonfis.

Interior mendapat sentuhan baru di All New Honda Brio

Kapan Pengiriman ke Konsumen

Tak hanya harus menunggu setahun, tapi juga penentuan harus harga dilakukan dengan melihat berbagai aspek yang terdapat di peraturan mobil murah tersebut. Itu alasan yang paling penting, karena cuma dari pemerintah harga Brio Satya anyar bisa ditentukan. Dari situ, baru HPM bisa kasih harga untuk Brio RS.

“Batas harga mobil LCGC itu tetap disesuaikan dengan fitur keselamatan yang ada di dalam mobil. Kemudian, persyaratan juga dari konten lokal komponen, dan harus memiliki pabrik perakitan,” pungkas Jonfis.

All new Honda Brio punya banyak perbedaan dengan Brio lawas. Paling signifikan, penambahan dimensi, Brio baru punya kabin lebih lega dibanding sebelumnya dan hilangnya pintu kaca di belakang. Fitur safety termasuk yang diunggulkan, Brio semua lini, termasuk LCGC Satya.

Baca juga: Ini Cara Honda Bikin HR-V 1.5L Naik Kelas

City car penyelamat Honda di tahun lalu ini punya dua kantong udara di depan, rem ABS dan EBD, keyless entry, immobilizer, auto door lock by speed dan seat belt reminder untuk pengemudi.

Untuk tipe tertinggi yaitu Brio RS punya pilihan transmisi CVT atau manual 5-speed. Sementara segmen LCGC, Brio Satya tipe E juga dengan pilihan transmisi CVT atau manual. Yang paling bawah, Brio Satya tipe S cuma dengan transmisi manual.

Jadi konsumen yang sudah melakukan pemesanan itu harus sabar, paling tidak sampai September, untuk bisa mendapat harga. Sedang pengiriman tetap dijanjikan oleh Honda mulai Oktober 2018.

LEAVE A REPLY